2023 TA PP JOANNE FELICIA LIE 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Perkembangan zaman dan cepatnya arus globalisasi menghasilkan
semakin pudarnya eksistensi kebudayaan dan nilai historis lokal akibat arus
globalisasi dan revolusi industri 4.0 yang mengakibatkan generasi muda kurang
adanya minat, keinginan, dan pemikiran untuk melestarikan kekayaan sejarah
lokal. Sejarah menjadi salah satu kekayaan yang mengidentifikasi suatu bangsa.
Sejarah tidak terlepas dengan peperangan. Perang Bubat merupakan perang yang
terjadi antara Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk
dan Kerajaan Sunda pada masa pemerintahan Maharaja Linggabuana. Peristiwa
Perang Bubat pada abad ke-14 mendapatkan tanggapan dan sambutan dari
masyarakat. Perang Bubat memiliki pelajaran hidup yang relevan dengan perilaku
remaja sekarang. Game visual novel menjadi media yang diminati remaja dengan
menyampaikan suatu cerita interaktif dengan fitur pilihan dan alur cerita yang
dapat berbeda. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk memperkenalkan
Perang Bubat serta pesan moral di dalamnya. Metode pengambilan data yang
dipakai berupa kuisioner, wawancara, observasi, serta studi literatur. Dalam
memperkenalkan sejarah Perang Bubat terhadap remaja, game visual novel
bertema “Perang Bubat” dapat menjadi media yang menarik dan cocok untuk
menceritakan sejarah Perang Bubat dengan penceritaan yang modern yang dapat
mengunggah rasa penasaran terhadap remaja