digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penerapan CSR telah diakui oleh banyak penelitian mempengaruhi aktivitas bisnis UMKM. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penerapan CSR sangat menantang bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep umum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di UKM dan mengembangkan model yang terkait dengan hubungannya antara CSR, inovasi UKM, dan kinerja keuangan mereka serta keterkaitan antara faktor-faktor tersebut. Penelitian ini menerapkan teknik pemodelan persamaan struktural dengan Partial Least Square untuk menguji dan memperkirakan hubungan antar variabel. Penelitian ini menggunakan 184 UKM di Indonesia sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dipengaruhi oleh Variabel Volountary Responsibility dan Economics Responsibility, serta CSR berpengaruh secara tidak langsung terhadap Corporate Financial Performance dengan dimediasi oleh Customer Satisfaction dan Innovasi. Selain itu ditemukan pula pengaruh CSR terhadap acces to finance pada UMKM.