ABSTRAK Shabrina Adha Indraswari
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Shabrina Adha Indraswari
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Shabrina Adha Indraswari
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Shabrina Adha Indraswari
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Shabrina Adha Indraswari
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Shabrina Adha Indraswari
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Shabrina Adha Indraswari
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Shabrina Adha Indraswari
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Fisika merupakan ilmu alam yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena melalui
pemodelan dan prediksi. Tujuan tersebut merupakan dasar dari perkembangan ilmu
fisika ke bidang yang lebih luas, salah satunya adalah sistem kompleks. Sistem
kompleks adalah sistem yang terdiri dari agen-agen yang saling berinteraksi dengan
kompleks serta mampu untuk membentuk pola makroskopik dari interaksi individuindividu yang memunculkan perilaku kolektif yang baru. Fenomena ini dapat
dijelaskan dalam bidang ilmu sosiofisika. Salah satu fenomena sosial yang sedang
hangat diperbincangkan saat ini adalah isu penggunaan idola K-pop sebagai brand
ambassador beberapa perusahaan di Indonesia. Perubahan-perubahan dalam aspek
kehidupan yang terjadi akibat fenomena ini telah menyebabkan perubahan pada
perilaku masyarakat. Hal ini ditandai dengan munculnya tanggapan yang beragam
mengenai penggunaan idola K-pop sebagai brand ambassador di media sosial.
Interaksi yang terjadi di media sosial ini menyerupai sistem kompleks. Interaksi
tersebut menimbulkan perubahan atau dinamika sentimen agen-agen di dalamnya.
Dalam penelitian ini, dilakukan analisis sentimen komentar pengguna Twitter
mengenai isu idola K-pop sebagai brand ambassador dengan menggunakan
algoritma Support Vector Machine. Hasil klasifikasi menunjukkan bahwa 46% data
dominan memiliki sentimen positif dengan kata kunci populer “produk”, “bangga”,
“terbesar”, dan “suka”. Selain itu, diperoleh kesimpulan bahwa faktor interaksi
lingkungan sekitar dan faktor kejadian ekstrem akan memengaruhi munculnya
perubahan sentimen terhadap waktu (dinamika sentimen). Faktor densitas sentimen
positif dan jumlah total populasi juga akan memengaruhi waktu yang diperlukan
untuk mencapai konsensus, keadaan dimana dinamika sentimen mencapai
kestabilan