digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP ZAFIRA ANINDITYA 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Disleksia merupakan suatu kondisi gangguan belajar yang diakibatkan oleh melemahnya kinerja otak anak untuk mengolah suatu informasi yang diterima. Selain kesulitan untuk mengenal huruf, membaca, atau menulis, salah satu kondisi yang umum dialami oleh anak penyandang disleksia adalah membedakan arah, terutama arah kiri dan kanan. Arah kiri dan kanan merupakan pengetahuan umum yang banyak digunakan dalam keseharian anak, sehingga kondisi ini dapat mempengaruhi keseharian, kinerja akademis, hingga kurangnya kepercayaan diri dan motivasi penyandang. Meskipun kondisi ini tidak dapat disembuhkan, penyandang disleksia masih dapat mengembangkan kemampuan belajarnya dengan bantuan yang tepat. Perancangan game pembelajaran membaca ini dibuat untuk membantu tenaga pendidik maupun orang tua dari anak penyandang disleksia dalam proses kegiatan belajar mengenal dan mengasah pengetahuan arah untuk anak disleksia dalam rentang usia 6-8 tahun sebagai salah satu bentuk media pembelajaran yang menarik bagi anak-anak. Luaran hasil dari laporan perancangan ini adalah prototipe aplikasi game edukasi pengenalan arah dengan kegiatan interaktif permainan sepak bola pada platform smartphone.