digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

23219049 Bayu Setyawan.pdf
PUBLIC Dessy Rondang Monaomi

Tren penggunaan aplikasi tatap muka untuk pembelajaran jarak jauh menunjukkan terjadi peningkatan pada saat pandemi dan kenormalan baru. Pembelajaran jarak jauh menawarkan solusi untuk mengatasi perbedaan jarak dan waktu melalui penggunaan teknologi infromasi baru yang dapat terus diperbarui. Pembelajaran jarak jauh tersebut memiliki tantangan dan masalah berupa menarik keterlibatan pemelajar. Mengetahui seberapa besar keterlibatan pemelajar menjadi hal yang penting dalam pembelajaran dan juga bagi pengajar. Untuk mengetahui keterlibatan pemelajar pada pembelajaran jarak jauh diperlukan pendeteksi yang dapat menjangkau pemelajar yang tidak terlihat oleh pengajar. Selain pendeteksi, intervensi keterlibatan dalam pembelajaran jarak jauh diperlukan untuk menjaga tingkat keterlibatan pemelajar tetap tinggi. Penelitian-penelitian sebelumnya tentang deteksi keterlibatan dengan computer vision berbasis ekspresi emosi wajah belum menerapkan intervensi dalam penelitian mereka. Penelitian ini mengakomodasi intervensi keterlibatan dalam pembelajaran jarak jauh berdasarkan tingkat keterlibatan yang telah dideteksi oleh layanan pendeteksi keterlibatan. Pembelajaran jarak jauh yang menggunakan prototipe layanan ini menunjukkan tingkat keterlibatan pemelajar tetap terjaga.