digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800



BAB 1 - ARTHUR SATRIA YAHYADI
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 - ARTHUR SATRIA YAHYADI
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 - ARTHUR SATRIA YAHYADI
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 - ARTHUR SATRIA YAHYADI
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 - ARTHUR SATRIA YAHYADI
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan


Kereta cepat telah menarik banyak minat dan kecepatannya meningkat secara signifikan jika dibandingkan dengan kereta konvensional. Keuntungan menggunakan kereta cepat terutama adalah waktu tempuh yang lebih singkat dan kualitas transportasi kereta yang meningkat. Namun, masalah aerodinamis, yang berdampak besar pada ekonomi, ekologi, keselamatan, dan kenyamanan kereta berkecepatan tinggi, muncul sebagai hambatan teknologi utama mereka. Pada kecepatan tinggi, muncul masalah berupa gaya hambat yang besar. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang bentuk kereta cepat dan mengoptimalkan bentuk kereta agar gaya hambat yang dihasilkan dapat dikurangi. ANSYS Fluent flow solver dan adjoint solver merupakan alat yang digunakan, dan mereka digunakan secara berkesinambungan untuk mengubah geometri atau desain dengan objektif tertentu untuk menghasilkan desain yang lebih optimal. Tujuan penulis dalam penulisan tugas akhir ini adalah untuk menemukan bentuk yang optimal yang dapat mengurangi gaya hambat kereta cepat, serta mengeksplorasi alternatif desain lain menggunakan adjoint solver dengan fokus untuk mengurangi drag. Berdasarkan hasil yang diperoleh, modifikasi bentuk nose dan windshield kereta menghasilkan pengurangan drag sebesar 0,14%. Gaya hambat kereta dapat dikurangi lebih jauh lagi dengan membiarkan perubahan terjadi di semua zonanya. Secara spesifik, modifikasi bagian belakang-atas pada kereta dapat mengurangi drag sebesar 35,22%.