digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Rifqy Anindityo
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Dalam struktur organisasi PT Smartec, Divisi Operasional merupakan Divisi yang penting karena bertugas untuk menjalankan proses bisnis utama dari PT Smartec yaitu Layanan Pinjaman Uang. Selama periode Januari 2021 hingga Desember 2022, Divisi Operasional yang terdiri dari Desk Collection, Customer Service dan Telemarketing terjadi peristiwa beban kerja tidak merata dan Volume pekerjaan meningkat (1-2 %/bulan) sehingga mengakibatkan pencapaian target perusahaan belum terealisasi. Belum tercapainya target disebabkan penyesuaian antara volume pekerjaan dengan jumlah SDM Operasional tidak berjalan baik. berdasarkan analisis akar masalah dengan metode 5-whys akar masalah adalah belum adanya penyesuaian volume dengan jumlah SDM yang benar dan terstruktur. Maka dari itu, penelitian ini menggunakan metode FTE untuk membantu serta menjawab permasalahan penyesuaian volume pekerjaan dengan jumlah SDM Operasional. Berdasarkan hasil pengolahan FTE didapatkan informasi mengenai kategori beban kerja dan jumlah pekerja yang dibutuhkan. Dari 150 pekerja Divisi Operasional terdapat 31 pekerja kategori Overload & 15 Pekerja kategori underload. Berdasarkan hasil FTE terdapat kelebihan 4 pekerja staff DC dan kekurangan 2 Team Leader DC, 1 Customer service, dan 1 Telemarketing. Sehingga tidak dibutuhkan penambahan pekerja Operasional melainkan dapat dilakukan promosi atau rotasi dari Staff Desk Collection. Solusi tersebut dapat meminimasi beban kerja overload dan dapat menghemat biaya SDM 4,6%/bulan nya.