digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

23221103 Asyraf Atthariq Putra Gary-fix.pdf
PUBLIC Dessy Rondang Monaomi

Metaverse merupakan sebuah lingkungan virtual masif yang bergerak secara paralel dengan dunia asli. Dalam mengembangkan Metaverse dibutuhkan kolaborasi dan lintas disiplin ilmu agar dalam pengembangannya dapat melihat dari berbagai sudut pandang. Salah satu kolaborasi lintas disiplin ilmu dalam pengembangan Metaverse adalah proyek ITB Metaverse Ganesha Campus. Pada pengembangan tahap awal, proyek ini akan berfokus melakukan pengembaran digital pada beberapa bangunan ikonik ITB seperti Aula Timur, Plaza, dan pintu utama. Proyek ini dikembangkan dengan menggunakan mesin gim Unreal Engine 5 dan diekspor dalam platform Android dan PC. Namun berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan berbagai spesifikasi device, menunjukkan nilai rata-rata FPS tertinggi hanya mendapatkan 4FPS untuk Android dan 10FPS untuk PC. Selain itu file instalasi APK yang ada cukup besar, yaitu 2GB dengan file mentah mencapai lebih dari 300GB. Untuk itu dilakukan optimasi dengan melakukan optimasi LOD dan manajemen aset untuk meningkatkan performa dan efisiensi dari Metaverse. Hasil yang didapat, FPS meningkat menjadi 29 FPS untuk Android dan 38FPS untuk PC. Sedangkan fail APK terkompresi menjadi 0,4GB dan fail mentah menjadi 9,3GB. Aplikasi yang telah dioptimasi tersebut kemudian dilakukan pengujian oleh pengguna. Pada kondisi awal, nilai respon positif yang didapatkan selama dilakukan pengujian oleh pengguna adalah sebesar 33% dan respon positif tersebut meningkat menjadi 98% setelah dilakukan penyesuaian kualitas visual dengan optimasi LOD dan manajemen aset.