digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT SS adalah perusahaan ketenagalistrikan di Indonesia yang telah beroperasi selama lebih dari 25 tahun. PT SS memiliki client utama yaitu di bidang utility. Pada tahun 2018 pemerintah mengeluarkan regulasi yang menyebabkan penurunan pemasukan pada perusahaan. Oleh sebab itu, diperlukannya penetrasi pasar yang lebih besar lagi untuk menaikkan pemasukan. Strategi yang digunakan adalah untuk memperluas pasar ke bidang non-utility dengan menggunakan pemasaran digital. Internet saat ini berfungsi sebagai media untuk mencari informasi dimanapun dan dapat menghubungkan orang-orang untuk terhubung satu sama lain. Penggunaannya pun sekarang ini tidak hanya itu saja, tetapi bisa digunakan sebagai media promosi. Pemasaran digital adalah suatu jenis usaha yang dilakukan oleh sebuah individu atau organisasi untuk melakukan pemasaran berbasis internet. Perusahaan baik itu B2C dan B2B dapat menggunakan media pemasaran digital sebagai tempat promosi mereka. Projek akhir ini menjelaskan analisis atas masalah yang dimiliki oleh PT SS yaitu pemasaran digital yang kurang efektif. Analasis yang dilakukan adalah dengan menggunakan analisis internal yaitu Marketing Mix dan STP, analisis eksternal yaitu PESTLE, Five Porter Analysis, dan Competitor analysis, yang kemudian akan digunakan untuk menganalisis SWOT. Kemudian analisis yang digunakan adalah customer journey analysis untuk melihat perjalanan customer menggunakan internet dalam berinteraksi dengan PT SS. Untuk menghasilkan strategi pemasaran digital, penulis menggunakan kerangka RACE untuk merumuskan strategi dalam pemasaran bagi pelanggan berpotensi dan pelanggan saat ini dari PT SS. Dengan menggunakan kerangka ini, ditentukan penggunaan social media dan strategi pemasaran digital yang tepat untuk menjawab permasalahan yang dihadapai oleh PT SS.