digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri musik terus berubah untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi, platform distribusi, dan juga dalam pengembangan produk. Dalam era digital ini, sekarang artis bisa memperkenalkan karya mereka kepada konsumen di seluruh dunia lebih mudah. Saat ini, industri musik total pendapatan tumbuh 3,2 persen menjadi US $ 15,0 miliar, yang mengarah ke untuk menjadi industri pertama yang mengalami pertumbuhan signifikan dari tahun-ke-tahun dalam hampir dua dekade. Streaming tetap menjadi sumber pertumbuhan tercepat pendapatan di industri musik. Pendapatan meningkat 45,2 persen menjadi US $ 2,9 miliar, yang selama periode lima tahun hingga 2015, telah tumbuh lebih dari empat kali lipat. Era digital adalah salah satu perubahan yang paling drastis dalam industri musik, dengan digitalisasi sekarang musik dapat menyebar dan mendengarkan seluruh dunia. Bagi mereka yang bisa melihat ini sebagai peluang dapat bekerja model bisnis mereka dan sistem untuk beradaptasi dengan era itu. Tapi, ada perusahaan yang melihat ini sebagai ancaman, karena digitalisasi musik adalah merusak bisnis mereka sekarang. Untuk melakukan penelitian, struktur jaringan, perilaku, dan tata kelola adalah data diperlukan sebagai data utama yang akan dianalisis. Untuk menemukan penciptaan nilai, peneliti melakukan pendekatan wawancara semi-terstruktur yang juga melibatkan analisis untuk menemukan penciptaan nilai. Hasil penelitian ini akan memberikan penjelasan tentang Indonesian Netlabel Union dan Guvera Indonesia mengenai jaringan karakteristik dan penciptaan nilai mereka. Juga, memberikan rekomendasi untuk kedua jaringan.