Bhinneka.com adalah satu dari beberapa toko online berbasis teknologi dan informasi yang bergerak di industri e-commerce Indonesia. Kesulitan utama yang di rasakan oleh para pemasar professional adalah untuk membedakan apakah pesan benar-benar mencapai target pasar yang tepat dengan isi yang berkualitas. Topik ini akan diukur untuk mencari dan menemukan asosiasi antara pemasaran e-mail oleh Bhinneka.com dan perjalanan keputusan konsumen. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif melalui kuesioner online dengan jumlah responden sebanyak 156 responden yang berada pada rentang usia 18 – 59 tahun dan menerima e-mail dari Bhinneka.com. Variabel yang diuji adalah faktor-faktor yang mempengaruhi respon e-mail – subject line, e-mail length, incentive, number of hyperlinks, design, and frequency, and each of consumer decision journey phase. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis korelasi berganda dan regresi linear sederhana. Penelitian ini mengungkapkan bahwa individu profesional muda dengan pengeluaran tinggi yang bersedia untuk menerima e-mail pemasaran Bhinneka.com digeneralisasi sebagai respon positif dalam survei ini. Lalu, penelitian ini juga mengungkapkan faktor- faktor utama dari pemasaran e-mail Bhinneka.com - baris subjek, insentif, panjang e-mail, dan jumlah hyperlinks bersama-sama dan secara terpisah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perjalanan keputusan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insentif memiliki pengaruh tertinggi terhadap perjalanan keputusan konsumen. Studi ini menemukan faktor baru yang juga mempengaruhi pemasaran e-mail, yang Frekuensi. Sementara itu, desain sebagai variabel ditambahkan memiliki hubungan terbalik dengan perjalanan keputusan konsumen. Dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana penelitian ini juga mengungkapkan bahwa e-mail pemasaran Bhinneka.com juga mempengaruhi setiap fase perjalanan keputusan konsumen terutama dalam fase Evaluasi Aktif. Sebagai ilustrasi, selama musim Ramadhan baris subjek dan konten e-mail dari Bhinneka.com sebagian besar terkait dengan Ramadhan. Hal ini dapat membantu pelanggan untuk mengevaluasi lebih dalam tentang merek melalui pemasaran e-mail dari Bhinneka.com. Hasil dari penelitian ini juga dapat memiliki nilai tambah untuk studi sebelumnya yang belum membahas hubungan antara pemasaran e-mail dari Bhinneka.com dengan perjalanan keputusan konsumen. Belum ada temuan sebelumnya mengenai faktor-faktor kunci dari pemasaran e-mail ke masing-masing fase perjalanan keputusan konsumen. Oleh karena itu, studi baru ini dapat dianggap sebagai kontribusi pada penelitian akademis. Selain itu, hasil ini diharapkan dapat membantu Bhinneka.com untuk meningkatkan strategi pemasaran digital seperti e-mail pemasaran untuk bersaing secara efektif.