digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Aktivitas belanja adalah tentang mendapatkan barang yang dibutuhkan dan layanan sebagai konsumen berdsarkan nilai uang. Namun, pembeli pada zaman sekarang belanja untuk memenuhi kebutuhan psikologis terutama pada pembelian barang mewah. Industri barang mewah adalah sebuah industri yang unik dan berbeda dari industri lainnya. Bab pertama dari penelitian ini membahas tentang latar belakang penelitian yang bermula pada penurunan pertumbuhan PDB Indonesia 2011- 2015 tidak mempengaruhi penjualan perhiasan ritel di Indonesia. Dalam bab dua, tinjauan pustaka akan dijelaskan seperti faktor kepribadian yang telah digunakan untuk memprediksi niat konsumen dalam membeli perhiasan berlian, faktor-faktor tersebut terdiri dari identitas diri, kebutuhan untuk status sosial, kebutuhan untuk kejelasan, kebutuhan untuk diterima, dan kebutuhan untuk keunikan. Motivasi dan hambatan konsumen dianalisis dengan melakukan wawancara sebagai studi utama. Alasan mengapa konsumen membeli dan mengkonsumsi berlian dan apa niat mereka termasuk motivasi dan pertimbangan mereka dalam membeli barang mewah tersebut diteliti dengan menggunakan teknik wawancara kualitatif. Bab tiga menjelaskan tentang metodologi yang digunakan dalam melakukan penelitian ini, yaitu wawancara secara mendalam kepada 7 responden yang menjadi informan kunci yang berpengaruh besar dalam data yang didapatkan. Bab empat menunjukkan temuan dan analisis wawancara, hasil wawancara mengungkapkan bahwa sebagian besar responden didorong oleh identitas diri mereka beserta keingingan untuk tampil unik dan kebutuhan untuk status. Para responden juga menganggap perhiasan berlian sebagai investasi karena dapat dijual kembali maupun ditukar dengan yang baru. Obrolan dengan teman-teman mengenai perhiasan berlian memberi pengaruh besar untuk meyakinkan mereka dalam keputusan pembelian perhiasan berlian. Namun, harga berlian itu sendiri menjadi penghalang yang paling sering ketika memutuskan untuk membeli atau tidak. Bab terakhir terdiri dari kesimpulan yang dihasilkan dari analisis pada bab sebelumnya. Pemasar atau penjual berlian dapat meningkatkan penjualan terhadap target pembeli ketika mereka mendalami alasan mengapa konsumen membeli perhiasan berlian. Pemasar dapat mencoba untuk memanfaatkan nilai-ekspresif karena konsumen membeli perhiasan berlian untuk manfaat simbolis. Di sisi konsumen, dianjurkan untuk hanya membeli berlian yang bersertifikat resmi dan menyimpan sertifikat itu dengan baik. Mereka juga disarankan untuk mengumpulkan informasi tentang berlian secara lengkap dan menentukan budget sebelum melakukan pembelian.