digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Adithia Theo Buditama
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Adithia Theo Buditama
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Adithia Theo Buditama
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Adithia Theo Buditama
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Adithia Theo Buditama
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Adithia Theo Buditama
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

D'Gym Fitness Center merupakan salah satu pusat kebugaran yang ada di kota Cirebon. Dari September 2021 hingga September 2022 terjadi penurunan anggota aktif karena kualitas layanan yang kurang baik, sehingga diperlukan strategi yang tepat dalam hal peningkatan kualitas pelayanan. Pengukuran kualitas layanan dalam hal kinerja dilakukan untuk membantu menganalisis kualitas layanan di D'Gym Fitness Center. Metode Modified Importance Performance Analysis (MIPA) digunakan untuk membandingkan kinerja D'Gym Fitness Center dengan DoctorFit Fitness Center sebagai perusahaan kompetitor. Dengan Metode MIPA, diperoleh data perbandingan antara kinerja perusahaan dengan kinerja pesaing utama. Hal tersebut memudahkan untuk menentukan usulan perbaikan kualitas layanan yang sesuai dengan harapan konsumen. Terdapat 23 atribut yang digunakan untuk mengukur kinerja kualitas layanan. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan diperoleh nilai kinerja perusahaan dan nilai indeks kinerja relatif. Atribut-atribut ini dipetakan ke dalam empat kuadran berdasarkan nilai-nilai tersebut. Dari keempat kuadran tersebut, terdapat 14 atribut yang menjadi prioritas perbaikan. Atribut yang menjadi prioritas perbaikan antara lain kebersihan, fasilitas modern, dan karyawan yang tanggap terhadap keluhan. Contoh perbaikan atribut tersebut adalah perbaikan AC, peningkatan peralatan gym, dan tanggap dalam memberikan tanggapan atas keluhan yang disampaikan oleh anggotanya.