digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Tsabita Zahra Hanifa
PUBLIC Irwan Sofiyan

Teh merupakan salah satu komoditas unggulan ekspor Indonesia. Namun, volume dan nilai ekspor teh Indonesia cenderung mengalami penurunan selama lima tahun terakhir, karena daya saing teh Indonesia yang masih tergolong lemah. Upaya peningkatan daya saing produk teh Indonesia dapat dilakukan dengan menerapkan strategi manajemen berbasis pada peningkatan nilai tambah dan kualitas produk yang dinamakan Total Quality Management (TQM) di industri teh dalam negeri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Total Quality Management di pabrik pengolahan teh yaitu PTPN VIII unit usaha Ciater serta menentukan strategi untuk meningkatkan performa penerapan TQM. Elemen TQM yang dianalisis pada penelitian ini adalah leadership, costumer focus, process management, employee, information and analysis, dan strategic planning. Metode pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuisioner dan pengecekan dokumen. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan analisis deskriptif kualitatif, analisis tingkat perfoma penerapan TQM dengan Quality Management Maturity, dan penyusunan strategi peningkatan performa penerapan TQM dengan gap analysis dan perbandingan berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PTPN VIII unit usaha Ciater telah menerapkan semua elemen TQM. Elemen leadership diterapkan dalam bentuk komitmen perusahaan dan kebijakan terkait kualitas. Pada proses pengolahan telah dilakukan penerapan process management terkait pengendalian kualitas produk dan infrastuktur yang memadai. Permintaan pelanggan menjadi prioritas perusahaan yang menunjukkan adanya costumer focus. Penerapan elemen employee yang berfokus pada kompetensi karyawan, serta ketersediaan dokumen terkait information and analysis dan perencanaan strategi untuk strategic planning. Penerapan TQM di PTPN VIII unit usaha Ciater memiliki Quality Management Maturity pada tingkat enlightenment dengan nilai 3,28. Rekomendasi strategi untuk meningkatkan penerapan TQM di PTPN VIII Ciater secara jangka pendek dilakukan dengan pembentukan process management yang sesuai strategi perusahaan dan SOP, sedangkan strategi jangka panjang dilakukan dengan membentuk proses yang bersifat proaktif di PTPN VIII unit usaha Ciater.