digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sepak bola merupakan olahraga yang sangat digemari di setiap lapisan masyarakat Indonesia. Indonesia dikenal sebagai negara dengan jumlah penggemar sepak bola yang sangat besar. Negara Indonesia memiliki populasi terbanyak keempat di dunia dengan 265 juta jiwa, dan menurut Nielsen Sport, 77% penduduk Indonesia memiliki minat terhadap sepak bola. Fakta tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki jumlah peminat sepakbola terbesar ketiga. Pasar sepak bola Indonesia sangat besar, dan sepak bola menjadi peluang bisnis besar di Indonesia. PT Persib Bandung Bermatabat membawahi klub sepak bola Persib Bandung yang merupakan salah satu tim Indonesia. PT. Persib Bandung Bermartabat yang berlokasi di Graha Persib Lantai 3 Jalan Sulanjana No 17 Bandung. Dalam mengelola suatu perusahaan tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan tinggi untuk membantu tercapainya tujuan perusahaan. Selain itu, untuk dapat membentuk performa klub yang baik tentunya harus memiliki ekosistem manajemen yang sehat juga. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pada penelitian kuantitatif, penulis membagikan kuesioner dalam bentuk g-forms kepada pegawai bagian pemasaran dengan menggunakan metode National Aeronautics and Space Administration Task Load Index (NASA – TLX) untuk mengukur beban kerja yang dialami pegawai. Dalam metode kualitatif penulis melakukan wawancara dengan observasi terhadap struktur organisasi dan job description karyawan bagian pemasaran PT. Persib Bandung Bermartabat menggunakan semi-structure interview. Dalam mencari akar permasalahan penulis menggunakan analisis CRT (Current Reality Tree). Hasil dari penelitian ini adalah struktur organisasi dan job description yang dibuat berdasarkan hasil benchmark dengan 3 management klub bola. Penulis mengusulkan struktur organisasi baru dan deskripsi pekerjaan yang pada akhirnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan divisi marketing PT. Persib Bandung Bermartabat untuk bisa membantu terwujudnya strategic initiative dan memecahkan masalah yang dialami.