2023_TS_PP_Muhammad Luthfi Fauzi_29121263_1-Abstrak.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman
Sepak bola merupakan olahraga yang sangat digemari di setiap lapisan masyarakat
Indonesia. Indonesia dikenal sebagai negara dengan jumlah penggemar sepak bola
yang sangat besar. Negara Indonesia memiliki populasi terbanyak keempat di dunia
dengan 265 juta jiwa, dan menurut Nielsen Sport, 77% penduduk Indonesia memiliki
minat terhadap sepak bola. Fakta tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara yang
memiliki jumlah peminat sepakbola terbesar ketiga. Pasar sepak bola Indonesia sangat
besar, dan sepak bola menjadi peluang bisnis besar di Indonesia. PT Persib Bandung
Bermatabat membawahi klub sepak bola Persib Bandung yang merupakan salah satu
tim Indonesia. PT. Persib Bandung Bermartabat yang berlokasi di Graha Persib
Lantai 3 Jalan Sulanjana No 17 Bandung. Dalam mengelola suatu perusahaan
tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan tinggi untuk
membantu tercapainya tujuan perusahaan. Selain itu, untuk dapat membentuk
performa klub yang baik tentunya harus memiliki ekosistem manajemen yang sehat
juga. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pada
penelitian kuantitatif, penulis membagikan kuesioner dalam bentuk g-forms kepada
pegawai bagian pemasaran dengan menggunakan metode National Aeronautics and
Space Administration Task Load Index (NASA – TLX) untuk mengukur beban kerja
yang dialami pegawai. Dalam metode kualitatif penulis melakukan wawancara dengan
observasi terhadap struktur organisasi dan job description karyawan bagian
pemasaran PT. Persib Bandung Bermartabat menggunakan semi-structure interview.
Dalam mencari akar permasalahan penulis menggunakan analisis CRT (Current
Reality Tree). Hasil dari penelitian ini adalah struktur organisasi dan job description
yang dibuat berdasarkan hasil benchmark dengan 3 management klub bola. Penulis
mengusulkan struktur organisasi baru dan deskripsi pekerjaan yang pada akhirnya
dapat disesuaikan dengan kebutuhan divisi marketing PT. Persib Bandung
Bermartabat untuk bisa membantu terwujudnya strategic initiative dan memecahkan
masalah yang dialami.