digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

WAN HAI Lines, Ltd adalah perusahaan pelayaran Taiwan yang memfasilitasi perdagang international dalam bagian distribusi logistik. Isu bisnis yang dihadapi oleh Wan Hai Lines adalah reliabilitas dari jadwal pelayaran yang memberikan dampak pada performa perusahaan dalam jangkauan efisiensi operasional. Meskipun penggerak utama dari hal tersebut adalah pandemi, riset ini berinisiasi untuk menganalisa performa perusahaan menggunakan Supply Chain Operation (SCOR) Race track yang dilakukan melalui beberapa tahapan dimulai dari Set the Scope, Configure the Supply Chain, Optimize the Project and Ready for Implementation. Performa atribut yang akan digunakan dalam riset ini adalah reliabilitas dan efisiensi aset manajemen. Berdasarkan analisa dalam set the scope dari service ini difokuskan pada bisnis muatan cargo. Level 1 dari metric yang sesuai dengan isu tersebut adalah RL.1.1 Perfect Order Fulfilment dengan Level 2 metric RL. 2.2 Delivery Performance to Customer Commit Date dan AM 1.3 Return on Asset Eficiency dengan Level 2 Metric 2.4 Revenue. Dapat disimpulkan bahwa gaps dari ketepatan waktu service untuk Delivery commit date to the customer memiliki beberapa persentase berbeda dikarenakan masing-masing rute yang berbeda. Dan berdasarkan pada diagram fishbone, ditemukan bahwa pokok utama penyebab hal tersebut terjadi dikarenakan pandemi dan beberapa internal dan eksternal praktis, yang dimana pada akhirnya didapati project improvement yang dapat dilakukan. Rekomendasi improvement diharuskan mengenai sasaran pada strategi operasional yang berhubungan dengan core strategies competency strategiesm corporate strategies, competitive strategies dan customer driven strategies, juga marketing mix agar perusahaan dapat mengambil keuntungan dari bisnisnya dan menghindari kerugian yang memberikan dampak pada penghasilan perusahaan