2023_TS_PP_Fakhru Umam Maha_ 29121115_1-Abstrak1.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman
Di tengah situasi yang semakin penuh dengan ketidakpastian, baik yang
disebabkan oleh kondisi eksternal seperti krisis ekonomi global, pandemic covid 19
maupun kondisi internal seperti kinerja keuangan dan produktivitas Sumber Daya
Manusia yang menurun, maka diperlukan daya tanggap organisasi untuk
mengantisipasi setiap perubahan dengan menyesuaikan diri terhadap lingkungan
bisnis yang berubah yang berpotensi menimbulkan peluang dan risiko bagi
organisasi, sehingga penting bagi organisasi untuk melakukan tingkat risiko
perusahaan dan dampaknya bagi kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis corporate risk, innovation capability, leverage, liquidity, dan
growth terhadap company performance. Pengumpulan data dilakukan dengan
melakukan pencatatan terhadap setiap data yang dibutuhkan dalam laporan
tahunan perusahaan. Data yang digunakan merupakan laporan kinerja PT.
Angkasa Pura Retail selama tahun 2020 sampai tahun 2022. Variable independen
dalam penelitian ini adalah corporate risk, innovation capability¸ leverage,
liquidity, dan growth dan Variable dependen dalam penelitian ini adalah company
performance. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
eksplanatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier
berganda dengan bantuan program EViews 10. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa corporate risk berpengaruh negatif signifikan terhadap company
performance. Kemudian innovation capability, liquidity, dan growth berpengaruh
positif signifikan terhadap company performance. Namun untuk leverage tidak
memiliki pengaruh terhadap company performance. Implikasi dari penelitian ini
penting bagi perusahaan untuk mengelola tingkat risiko, menjaga posisi likuditas,
meningkatkan sikap inovasi karyawan agar perusahaan dapat dijalankan secara
efisen dan efektif dan membuka sumber pendapatan baru bagi perusahaan, dan
yang tak kalah pentingnya, manajemen perlu mempertahankan tingkat penjualan
agar tetap stabil atau meningkat.