ABSTRAK Farhan Muhammad
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Farhan Muhammad
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB1 Farhan Muhammad
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB2 Farhan Muhammad
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB3 Farhan Muhammad
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB4 Farhan Muhammad
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB5 Farhan Muhammad
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB6 Farhan Muhammad
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB7 Farhan Muhammad
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB8 Farhan Muhammad
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB9 Farhan Muhammad
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Farhan Muhammad
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia memerlukan sarana
transportasi dan logistik laut yang memadai untuk menghubungkan ribuan pulau
yang ada di Indonesia. Hal ini penting untuk menunjang kehidupan masyarakat
yang layak, mengingat kebutuhan suatu daerah tidak mungkin difasilitasi
sepenuhnya dari wilayah itu sendiri. Di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat,
terdapat beragam potensi sumber daya alam yang direncanakan menjadi salah satu
pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan timur Indonesia. Sektor unggulan
yang ada di Kabupaten Sorong berasal dari sektor industri pengolahan,
pertambangan, dan penggalian, serta dari sektor pertanian, kehutanan, dan
perikanan. Untuk memfasilitasi kebutuhan transportasi barang dari sektor-sektor
tersebut, diperlukan pengembangan dermaga general cargo di Pelabuhan Arar.
Tugas Akhir ini membahas perancangan struktur dermaga general cargo sebagai
perpanjangan dari dermaga eksisting dengan acuan standar OCDI (2020), British
Standard (BS), dan Standar Nasional Indonesia (SNI). Lingkup dari perancangan
terdiri dari pengolahan data lingkungan, menghitung beban yang bekerja pada
struktur, menentukan dimensi struktur dan elemen dermaga, analisis geoteknik,
serta pemodelan dan analisis struktur dermaga. Hasil dari pemodelan harus
memenuhi syarat defleksi, nilai unity check ratio (UCR) dalam rentang 0,8 – 1,0,
dan reaksi perletakan lebih kecil dari daya dukung aksial tanah. Model yang
memenuhi syarat kemudian digunakan untuk mendapatkan gaya dalam elemen
struktur yang kemudian digunakan untuk perancangan tulangan.
Tugas Akhir ini akan menghasilkan desain rencana yang meliputi dimensi dan tata
letak dermaga, dimensi elemen struktural dermaga, serta rancangan tulangan
elemen struktural beton dermaga.