digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Satria Rahmawan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Indonesia, sebagai negara kepulauan dengan ribuan pulau, sangat bergantung pada sistem transportasi laut untuk menghubungkan berbagai wilayah dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam konteks ini, perancangan dermaga general cargo di Pelabuhan Kilo, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menjadi sangat penting. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang dermaga yang memenuhi standar internasional dan nasional, yaitu British Standard, The Overseas Coastal Area Development Institute of Japan (OCDI), Standar Nasional Indonesia (SNI), dan Shore Protection Manual. Penelitian ini mencakup berbagai aspek perancangan, termasuk pengolahan data sekunder, pemodelan elemen struktural menggunakan perangkat lunak SAP2000, perhitungan tulangan elemen struktur, dan analisis daya dukung tanah. Pemodelan dengan SAP2000 dilakukan untuk menentukan nilai Unity Check Ratio (UCR) yang optimal yaitu diantara 0.7 hingga 1 serta memastikan defleksi struktural tetap di bawah batas izin maksimum. Hasil pemodelan ini akan digunakan untuk mengukur reaksi perletakan dalam perhitungan daya dukung tanah. Desain dermaga melibatkan dimensi utama sepanjang 112 meter dan lebar 12 meter, dengan elevasi +3.4 meter dari LWS dan kedalaman -7 meter dari LWS. Struktur dermaga mencakup elemen seperti pelat, balok, tiang pancang, dan pile cap. Tiang pancang direncanakan memiliki diameter 590 mm dan tebal 14 mm dengan kedalamannya ditentukan berdasarkan analisis daya dukung tanah yang menunjukkan hingga -28 meter dari seabed. Trestel, yang berfungsi sebagai penghubung antara dermaga dan daratan, memiliki dimensi panjang 80 meter dan lebar 8 meter, serta elemen struktural yang meliputi pelat, balok, tiang pancang, dan pile cap. Tiang pancang yang direncanakan berdiameter 430 mm dan tebal 12 mm, dengan kedalaman tiang pancang yaitu -18 meter dari seabed. Selain itu, untuk menghubungkan trestel dengan daratan, direncanakan sebuah causeway dengan panjang 150 meter dan lebar 8 meter. Causeway ini akan menggunakan material sand untuk timbunan dan quarrystone untuk lapisan penutup. Struktur ini juga akan terbagi menjadi structure head, yang mana direncanakan akan memiliki panjang 25 meter dari trestel, dan structure trunk yang direncanakan memiliki panjang 125 meter dari daratan.