digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Daniel
PUBLIC rikrik

BAB 1 Daniel
PUBLIC rikrik

BAB 2 Daniel
PUBLIC rikrik

BAB 3 Daniel
PUBLIC rikrik

BAB 4 Daniel
PUBLIC rikrik

BAB 5 Daniel
PUBLIC rikrik

PUSTAKA Daniel
PUBLIC rikrik

Penelitian ini memvalidasi sandwich panel berbasis komposit dengan model Navy Truss (NavTruss) untuk Reserved Energy Storage System (RESS). Proteksi struktur panel sandwich diusulkan untuk melindungi RESS dalam tabrakan dari bawah. RESS yang menggunakan baterai lithium-ion rentan terhadap deformasi besar yang dapat menyebabkan baterai mengalami hubungan arus singkat dan terbakar. Desain eksperimen muncul dari gagasan untuk membuat pengaturan tumbukan dengan impaktor kecepatan dan berat moderat. Platform dasar peralatan menggunakan Split Hopkinson Pressure Bar (SHPB), dengan mengubah bar insiden dan terusan dengan sandwich panel. Propelan Nitrogen juga diubah dengan Helium, gas yang jauh lebih cepat untuk memasok momentum yang cukup. Eksperimen pertama dilakukan pada pelat aluminium dengan kecepatan lebih rendah dari kasus sebenarnya, kemudian hasilnya disimulasikan menggunakan perangkat lunak simulasi elemen hingga eksplisit non-linear, LS-Dyna. Validasi menunjukkan kemiripan yang serupa dari eksperimen baik secara fisik maupun numerik. Untuk percobaan sandwich panel, validasi model juga menunjukkan hasil yang serupa dengan setelan parameter tertentu. Simulasi lebih lanjut dilakukan untuk menjaga deformasi agar-agar dalam batas aman. Sandwich panel memerlukan penguatan lebih lanjut pada lapisan bawah sehingga membuatnya menjadi desain optimal untuk melindungi RESS sejauh ini. Di antara model lain yang disimulasikan termasuk struktur bagian bawah mobil sebelumnya dan juga struktur aluminium BRAS, model yang diperkuat memiliki Specific Energy Absorption (SEA) terendah yang menunjukkan bahwa SEA tidak dapat menjadi faktor penentu performa struktur. Validasi energi diperiksa untuk model akhir.