






Penelitian ini memvalidasi sandwich panel berbasis komposit dengan model
Navy Truss (NavTruss) untuk Reserved Energy Storage System (RESS). Proteksi
struktur panel sandwich diusulkan untuk melindungi RESS dalam tabrakan dari
bawah. RESS yang menggunakan baterai lithium-ion rentan terhadap deformasi
besar yang dapat menyebabkan baterai mengalami hubungan arus singkat dan
terbakar. Desain eksperimen muncul dari gagasan untuk membuat pengaturan
tumbukan dengan impaktor kecepatan dan berat moderat. Platform dasar peralatan
menggunakan Split Hopkinson Pressure Bar (SHPB), dengan mengubah bar
insiden dan terusan dengan sandwich panel. Propelan Nitrogen juga diubah dengan
Helium, gas yang jauh lebih cepat untuk memasok momentum yang cukup.
Eksperimen pertama dilakukan pada pelat aluminium dengan kecepatan lebih
rendah dari kasus sebenarnya, kemudian hasilnya disimulasikan menggunakan
perangkat lunak simulasi elemen hingga eksplisit non-linear, LS-Dyna. Validasi
menunjukkan kemiripan yang serupa dari eksperimen baik secara fisik maupun
numerik. Untuk percobaan sandwich panel, validasi model juga menunjukkan hasil
yang serupa dengan setelan parameter tertentu. Simulasi lebih lanjut dilakukan
untuk menjaga deformasi agar-agar dalam batas aman. Sandwich panel
memerlukan penguatan lebih lanjut pada lapisan bawah sehingga membuatnya
menjadi desain optimal untuk melindungi RESS sejauh ini. Di antara model lain
yang disimulasikan termasuk struktur bagian bawah mobil sebelumnya dan juga
struktur aluminium BRAS, model yang diperkuat memiliki Specific Energy
Absorption (SEA) terendah yang menunjukkan bahwa SEA tidak dapat menjadi
faktor penentu performa struktur. Validasi energi diperiksa untuk model akhir.