digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dapurfit adalah pionir dari katering makanan sehat di Indonesia. Berdiri dari tahun 2012, selama 10 tahun sudah Dapurfit berkecimpung di dunia makanan sehat. Klien dapurfit juga bervariasi seiring berjalannya waktu, mulai dari yang awalnya hanya ingin menurunkan berat badan, lama kelamaan beberapa atlet nasional, artis, model, juga pasien pengidap penyakit akut dan kanker pun mulai berlangganan dapurfit. Tetapi ketika pandemi covid 19 menyerang, orang-orang mulai kerja dari rumah, dan banyak kantor, sekolah, fasilitas umum tutup, orang-orang mulai sering tinggal di rumah dan ingin mengganti gaya mereka menjadi pola hidup sehat. Yang seharusnya penjualan Dapurfit naik disaat pandemi karena minat orang untuk makanan sehat sedang meningkat, malah penjualan dapurfit terus menurun perbulannya. Maka dari itu studi ini akan meneliti apa penyebab utama dari penurunan penjualan box Dapurfit. Dengan menggunakan metode penelitian dari buku karangan Biazzo-Fillipini tentang manajemen produksi inovasi, yang menggunakan VOC Research, Foresight Research, Benchmarking Analysis, dan Technology Scouting akhirnya ditemukan akar masalah yang menjadi penyebab dari tpenurunan penjualan Dapurift. Ada 3 akar permasalahan yaitu pada harga, servis dan produk. Harga kotak Dapurfit tergolong mahal sehingga tidak semua kalangan masyaarakt dapat membelinya. Servis Dapurfit yang hanya melayani daerah JABODETABEK juga membuat dapurfit kehilangan banyak pelanggan yang potensial lalu masalah pandemi ini juga membuat banyak orang yang harus melakukan ISOMAN dan harus tinggal dirumah. Produk Dapurfit sendiri juga mudah basi dikarenakan produk yang selalu fresh. Lalu dengan Creation Idea dan Technology Development dicanangkan sebuah solusi yaitu untuk Dapurfit membuat produk baru yang bisa bersaing dengan kompetitor tetapi tetap memiliki kualitas premium dari Dapurfit. Maka dari itu frozen healthy bento adalah produk yang telah disetujui untuk dijadikan produk baru untuk menaikan sales dari Dapurfit. Selain itu juga Dapurfit juga tetap membuat paket spesial kusus ISOMAN yang akan beredar selama masa pandemi karena banyaknya permintaan dari pelanggan. Rencana yang akan di implementasikan adalah selain dengn menaruh produk HeatMeUp atau frozen bento di etalase Dapurfit. Produk baru ini juga akan disebar di online marketplace juga akan dijual di gerai makanan online Gofood. Lalu akan dibuat promosi berupa foto, poster, video yang akan di ppromosikan di ujung tahun 2022, agar disaat 2023 orang-orang yang baru pulang dari libruan biasanya akan mencari makanan sehat.