2023_TS_PP_Matthew Gervase Wimaeki_29119470_1-Abstrak.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman
Dapurfit adalah pionir dari katering makanan sehat di Indonesia. Berdiri dari
tahun 2012, selama 10 tahun sudah Dapurfit berkecimpung di dunia makanan sehat.
Klien dapurfit juga bervariasi seiring berjalannya waktu, mulai dari yang awalnya
hanya ingin menurunkan berat badan, lama kelamaan beberapa atlet nasional, artis,
model, juga pasien pengidap penyakit akut dan kanker pun mulai berlangganan
dapurfit. Tetapi ketika pandemi covid 19 menyerang, orang-orang mulai kerja dari
rumah, dan banyak kantor, sekolah, fasilitas umum tutup, orang-orang mulai sering
tinggal di rumah dan ingin mengganti gaya mereka menjadi pola hidup sehat. Yang
seharusnya penjualan Dapurfit naik disaat pandemi karena minat orang untuk
makanan sehat sedang meningkat, malah penjualan dapurfit terus menurun
perbulannya.
Maka dari itu studi ini akan meneliti apa penyebab utama dari penurunan
penjualan box Dapurfit. Dengan menggunakan metode penelitian dari buku
karangan Biazzo-Fillipini tentang manajemen produksi inovasi, yang menggunakan
VOC Research, Foresight Research, Benchmarking Analysis, dan Technology
Scouting akhirnya ditemukan akar masalah yang menjadi penyebab dari tpenurunan
penjualan Dapurift. Ada 3 akar permasalahan yaitu pada harga, servis dan produk.
Harga kotak Dapurfit tergolong mahal sehingga tidak semua kalangan masyaarakt
dapat membelinya. Servis Dapurfit yang hanya melayani daerah JABODETABEK
juga membuat dapurfit kehilangan banyak pelanggan yang potensial lalu masalah
pandemi ini juga membuat banyak orang yang harus melakukan ISOMAN dan
harus tinggal dirumah. Produk Dapurfit sendiri juga mudah basi dikarenakan
produk yang selalu fresh.
Lalu dengan Creation Idea dan Technology Development dicanangkan
sebuah solusi yaitu untuk Dapurfit membuat produk baru yang bisa bersaing dengan
kompetitor tetapi tetap memiliki kualitas premium dari Dapurfit. Maka dari itu
frozen healthy bento adalah produk yang telah disetujui untuk dijadikan produk
baru untuk menaikan sales dari Dapurfit. Selain itu juga Dapurfit juga tetap
membuat paket spesial kusus ISOMAN yang akan beredar selama masa pandemi
karena banyaknya permintaan dari pelanggan.
Rencana yang akan di implementasikan adalah selain dengn menaruh
produk HeatMeUp atau frozen bento di etalase Dapurfit. Produk baru ini juga akan
disebar di online marketplace juga akan dijual di gerai makanan online Gofood.
Lalu akan dibuat promosi berupa foto, poster, video yang akan di ppromosikan di ujung tahun 2022, agar disaat 2023 orang-orang yang baru pulang dari libruan
biasanya akan mencari makanan sehat.