digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Studi ini menyelidiki bagaimana variabel pemasaran seperti pemilihan produk, daya tarik streamer, dan promosi interaktif memengaruhi keterlibatan pemirsa dan tingkat konversi dalam streaming langsung sebagai metode pemasaran. Subyek penelitian ini adalah Rollover Reaction, sebuah perusahaan kosmetik yang menjual produknya di TikTok Live Stream. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perbedaan pemilihan produk, daya tarik streamer, dan promosi interaktif terhadap keterlibatan pemirsa, niat membeli pemirsa, dan tingkat konversi perusahaan pada akun TikTok Rollover Reaction. Rancangan penelitian ini merupakan rancangan penelitian eksperimental dengan teknik analisis data menggunakan analisis komparatif dari dua sesi live streaming yang dilaksanakan pada tanggal 17 September 2022 dan 17 Oktober 2022. Data dikumpulkan dari performa live streaming yang diperoleh dari TikTok Analytics. Studi ini menemukan bahwa pemilihan produk, daya tarik streamer, dan promosi interaktif memiliki efek positif pada keterlibatan penonton, yang juga secara positif memengaruhi niat beli penonton.