digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Doni Priambodo
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Doni Priambodo
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 Doni Priambodo
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 3 Doni Priambodo
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Doni Priambodo
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 5 Doni Priambodo
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Doni Priambodo
PUBLIC Alice Diniarti

Dalam analisis fluid dynamics, salah satu hal yang harus dilakukan adalah melakukan permodelan numerik yang divalidasikan pada hasil eksperimentasi. Pada permodelan numerik dari aliran angin terdapat beberapa bentuk permodelan yang digunakan diantaranya adalah RANS, LES, dll dimana permodelan tersebut memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Diantara permodelan tersebut, RANS merupakan model yang memiliki computer expense yang paling murah dibandingkan model yang lainnya sehingga memiliki workability yang paling tinggi. Oleh karena itu dilakukan pengujian metode RANS (Reynolds Averaged Navier Stokes) untuk mengetahui kapabilitas model turbulensi dalam pengecekan kontur kecepatan angin pada jalan antara 4 bangunan tinggi simetris sederhana dengan sudut serang 0o, 30o, dan 45o yang divalidasi dengan hasil eksperimentasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan permodelan RANS (Reynolds Averaged Navier Stokes) dan model turbulensi standard k-? dan di validasi menggunakan Low Speed Wind Tunnel dan PIV (Particle Image Velocimetry). Menurut hasil dari pengujian, didapatkan kondisi kecepatan angin U/Uo pada permodelan angin dengan RANS dan standard k-? memiliki error yang masih dapat diterima.