digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Iqbal Firstantio
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Penggunaan kendaraan bermotor meningkat pada sepuluh tahun terakhir. Diperlukan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi pemakaian bahan bakar dengan menggunakan komponen induksi paksa pada mesin pembakaran internal. Salah satu komponen induksi paksa yang sering digunakan adalah turbocharger. Komponen dari turbocharger yang berperan langsung terhadap penggunaan bahan bakar adalah kompresor sentrifugal. Diperlukan penentuan nilai geometri dari impeller, diffuser, serta volute yang akan digunakan untuk menganalisis performa dari model kompresor sentrifugal. Penentuan nilai geometri secara teoretis dan simulasi menggunakan parameter operasi dasar kompresor sentrifugal pada turbocharger sebesar 0,1 kg/s untuk laju aliran massa fluida dengan kondisi pada sisi masuk kompresor ditetapkan sebesar 101.325 Pa dan 298 K untuk tekanan total sisi masuk dan temperatur total sisi masuk. Untuk kondisi pada sisi keluar kompresor ditetapkan sebesar 151.998 Pa untuk nilai tekanan statis. Fluida kerja yang digunakan udara dengan sifat gas ideal. Hasil simulasi dan teoretis menghasilkan berbagai parameter performa seperti nilai efisiensi, nilai tekanan rasio, temperatur rasio, dan daya yang dihasilkan kompresor. Pada simulasi didapatkan efisiensi sebesar 85,64%, rasio temperatur sebesar 1,2098, rasio tekanan sebesar 1,426, dan daya sebesar 6,279 kW. Performa yang dihasilkan dari kompresor sentrifugal dapat terukur melalui analisis di luar desain. Didapatkan perubahan performa dari kompresor sentrifugal dengan variasi laju aliran massa fluida yang digunakan terhadap ke empat parameter yang ditetapkan.