ABSTRAK Muhammad Iqbal Firstantio
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Muhammad Iqbal Firstantio
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB1 Muhammad Iqbal Firstantio
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB2 Muhammad Iqbal Firstantio
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB3 Muhammad Iqbal Firstantio
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB4 Muhammad Iqbal Firstantio
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB5 Muhammad Iqbal Firstantio
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Muhammad Iqbal Firstantio
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Penggunaan kendaraan bermotor meningkat pada sepuluh tahun terakhir.
Diperlukan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi pemakaian
bahan bakar dengan menggunakan komponen induksi paksa pada mesin
pembakaran internal. Salah satu komponen induksi paksa yang sering digunakan
adalah turbocharger. Komponen dari turbocharger yang berperan langsung
terhadap penggunaan bahan bakar adalah kompresor sentrifugal. Diperlukan
penentuan nilai geometri dari impeller, diffuser, serta volute yang akan digunakan
untuk menganalisis performa dari model kompresor sentrifugal.
Penentuan nilai geometri secara teoretis dan simulasi menggunakan
parameter operasi dasar kompresor sentrifugal pada turbocharger sebesar 0,1
kg/s untuk laju aliran massa fluida dengan kondisi pada sisi masuk kompresor
ditetapkan sebesar 101.325 Pa dan 298 K untuk tekanan total sisi masuk dan
temperatur total sisi masuk. Untuk kondisi pada sisi keluar kompresor ditetapkan
sebesar 151.998 Pa untuk nilai tekanan statis. Fluida kerja yang digunakan udara
dengan sifat gas ideal. Hasil simulasi dan teoretis menghasilkan berbagai
parameter performa seperti nilai efisiensi, nilai tekanan rasio, temperatur rasio,
dan daya yang dihasilkan kompresor. Pada simulasi didapatkan efisiensi sebesar
85,64%, rasio temperatur sebesar 1,2098, rasio tekanan sebesar 1,426, dan daya
sebesar 6,279 kW. Performa yang dihasilkan dari kompresor sentrifugal dapat
terukur melalui analisis di luar desain. Didapatkan perubahan performa dari
kompresor sentrifugal dengan variasi laju aliran massa fluida yang digunakan
terhadap ke empat parameter yang ditetapkan.