digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Faradina Aisyah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Faradina Aisyah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Faradina Aisyah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Faradina Aisyah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Faradina Aisyah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Faradina Aisyah
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Sebelum epidemi, sektor perjalanan dan pariwisata Indonesia telah tumbuh menjadi sektor utama, menyumbang 6% dari PDB nasional. Shafwah Holidays adalah agen perjalanan yang mempromosikan perjalanan Halal sebagai salah satu penawaran intinya. Merupakan pemain baru di bisnis ini pada tahun 2020. Pada akhir tahun 2021, manajemen telah menilai kinerja bisnis dan mengidentifikasi beberapa masalah, termasuk penjualan yang rendah, kesadaran merek yang lemah, dan persaingan yang semakin ketat. Pasar ada, tetapi tampaknya tidak berdampak pada bisnis karena ekosistem pariwisata halal mulai berkembang dan jumlah wisatawan Muslim meningkat. Solusi untuk masalah perusahaan saat ini mungkin terletak pada branding strategis. Shafwah Holidays akan diperkenalkan ke pasar melalui pengembangan strategi komunikasi yang didukung dengan analisis segmentasi, dan brand positioning. Studi deskriptif eksploratif dilakukan untuk mencapai tujuan, dengan menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Enam klien terpilih telah menjadi subyek wawancara pendahuluan. 301 orang dipilih secara acak untuk mengisi kuesioner tentang perilaku pelanggan saat bepergian. Hanya tiga dari enam segmen yang dikelompokkan dalam hasil yang memenuhi persyaratan. Merek ini juga telah diciptakan kembali untuk menjadi mitra perjalanan yang menawarkan rencana perjalanan yang dapat disesuaikan dan layanan perjalanan halal ujung ke ujung. Melalui penggunaan branding gaya hidup, hal ini akan diungkapkan. Tiga pesan utama—Personalized, Halal, dan For Everyone— masuk dalam pilar komunikasi. Pemasaran media sosial telah dipilih sebagai strategi komunikasi. Kajian ini berkontribusi pada pengembangan dan penerapan strategi branding, khususnya untuk bisnis travel halal seperti Shafwah Holidays.