Sebelum epidemi, sektor perjalanan dan pariwisata Indonesia telah tumbuh
menjadi sektor utama, menyumbang 6% dari PDB nasional. Shafwah Holidays
adalah agen perjalanan yang mempromosikan perjalanan Halal sebagai salah
satu penawaran intinya. Merupakan pemain baru di bisnis ini pada tahun 2020.
Pada akhir tahun 2021, manajemen telah menilai kinerja bisnis dan
mengidentifikasi beberapa masalah, termasuk penjualan yang rendah, kesadaran
merek yang lemah, dan persaingan yang semakin ketat.
Pasar ada, tetapi tampaknya tidak berdampak pada bisnis karena ekosistem
pariwisata halal mulai berkembang dan jumlah wisatawan Muslim meningkat.
Solusi untuk masalah perusahaan saat ini mungkin terletak pada branding
strategis. Shafwah Holidays akan diperkenalkan ke pasar melalui pengembangan
strategi komunikasi yang didukung dengan analisis segmentasi, dan brand
positioning.
Studi deskriptif eksploratif dilakukan untuk mencapai tujuan, dengan
menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Enam klien
terpilih telah menjadi subyek wawancara pendahuluan. 301 orang dipilih secara
acak untuk mengisi kuesioner tentang perilaku pelanggan saat bepergian. Hanya
tiga dari enam segmen yang dikelompokkan dalam hasil yang memenuhi
persyaratan. Merek ini juga telah diciptakan kembali untuk menjadi mitra
perjalanan yang menawarkan rencana perjalanan yang dapat disesuaikan dan
layanan perjalanan halal ujung ke ujung.
Melalui penggunaan branding gaya hidup, hal ini akan diungkapkan. Tiga pesan
utama—Personalized, Halal, dan For Everyone— masuk dalam pilar komunikasi.
Pemasaran media sosial telah dipilih sebagai strategi komunikasi. Kajian ini
berkontribusi pada pengembangan dan penerapan strategi branding, khususnya
untuk bisnis travel halal seperti Shafwah Holidays.