digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kelas Imaji adalah salah satu dari sekian banyak jasa bimbingan belajar yang berlokasi di Yogyakarta. Perusahaan menyediakan pelajaran tambahan untuk siswa TK dan siswa SD. Membaca, menulis, matematika, bahasa Inggris, dan IPA adalah mata pelajaran yang ditawarkan oleh Kelas Imaji. Metode yang digunakan adalah kreativitas dalam belajar sehingga siswa dapat memaksimalkan penggunaan otak kanan dan kiri. Namun demikian, perusahaan tidak dapat menangkap calon pembeli yang potensial secara optimal. Permasalahan mendasarnya karena Kelas Imaji tidak memiliki strategi untuk menjalankan bisnis secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang sesuai untuk bersaing di sektor pendidikan non-formal khususnya di Yogyakarta. Pertama dengan menganalisa lingkungan eksternal, yaitu analisa lingkungan umum menggunakan PESTEL, analisa industri dengan Porter's Five Forces, dan analisa pesaing. Sedangkan untuk menggambarkan kondisi internal, dengan menganalisa sumber daya, aktivitas rantai nilai, kapabilitas, dan kompetensi unggul. Selain itu, analisa pelanggan diperlukan untuk menambah informasi tentang kondisi eksternal dan internal. Informasi tersebut dirangkum menjadi analisis SWOT untuk kemudian dirumuskan strateginya, dengan menggunakan matriks TOWS. Hasil akhir dari penelitian ini adalah usulan strategi dengan fokus diferensiasi dan menggunakan bauran pemasaran 4P. Untuk bisnis jasa, diperlukan pendekatan pemasaran internal dan pemasaran interaktif. Semua strategi tersebut akan dimasukkan ke dalam rencana implementasi dengan waktu pelaksanaan yang detail. Sehingga strategi yang diusulkan dapat dilaksanakan secara optimal.