ABSTRAK Sofy Nuraeni
PUBLIC Irwan Sofiyan
COVER _Sofy Nuraeni.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB I _Sofy Nuraeni.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II _Sofy Nuraeni.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III _Sofy Nuraeni.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV _Sofy Nuraeni.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V _Sofy Nuraeni.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB VI _Sofy Nuraeni.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Sofy Nuraeni
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN_Sofy Nuraeni.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Paving block merupakan salah satu jenis perkerasan jalan yang permeable dan memiliki nilai keindahan pada saat penerapannya. Paving block sendiri memiliki beragam bentuk dan ukuran. Jika dibandingkan dengan bentuk lainnya, paving block persegi panjang memiliki pola pemasangan yang beragam. Namun dari berbagai macam pola pemasangan yang dapat dibentuk tentunya memiliki dampak yang berbeda terhadap banjir. Parameter infiltrasi dan waktu konsentrasi. Pada penelitian ini menggunakan metode phi-indeks untuk menentukan besar volume air hujan yang hilang akibat terinfiltrasi. Dengan sampel uji berupa lahan seluas 4 m2 dengan perkerasan paving block. Untuk pola pemasangan yang digunakan yaitu susun bata dan herringbone 45o. Dari dua pola tersebut diberi perbedaan filler (pasir isian) yang berbeda pula yaitu normal dan halus. Dari ke-4 sampel tersebut diuji berdasarkan beberapa kondisi kemiringan mulai dari 0%, 5%, 10%, dan 15%. Di lapangan, penggunaan paving block dapat mereduksi banjir hampir 60%. Hal ini tentu saja berdampak pada cost dari saluran drainase. Pada lapangan parkir ITB-Jatinangor biaya yang diperlukan untuk membuat saluran drainase dengan perkerasan paving block sebesar Rp 375.199.320,00.