2022 SK PP Omar Birendra Ramto-Abstract (2).pdf)u
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Berdasarkan era internet saat ini, “cancel culture” yang merupakan gerakan media sosial yang berevolusi dengan cara mendefinisikan ulang istilah boikot, telah meneror citra identitas seperti selebriti, influencer, dan bahkan bisnis. Secara kebetulan, bisnis yang harus melalui gerakan “cancel” ini biasanya disebabkan oleh upaya mereka dalam mempromosikan produk mereka dengan menggunakan pemasaran budaya karena saat ini dunia menjadi sangat sensitif dengan topik yang mewakili identitas, terutama jika dibicarakan secara online. . Meskipun berbahaya, penggunaan pemasaran budaya sangat menguntungkan meskipun langkah yang salah dalam arti dapat membuat mereka gulung tikar. Oleh karena itu, Bisnis mengambil banyak risiko ketika menggunakan budaya dalam strategi pemasaran mereka. Ini mengarah pada masalah apakah bisnis harus mengambil risiko tersebut, mengetahui dengan baikkonsekuensi yang dapat terjadi. Studi penelitian saat ini dilakukan untuk menganalisisbagaimana bisnis mengambil bagian dalam menggunakan budaya dalam strategi pemasaran mereka, sementara mempertaruhkan ancaman "cancel culture". Dilakukan melalui analisis deskriptif metode penelitian sekunder kualitatif, data dari berbagai sumber contoh akan membantu membangun analisis dan perbandingan atas keseluruhan risiko pemasaran budaya dan “cancel culture”. Analisis ini akan membantu menunjukkan bagaimana bisnis yang berbeda mencoba pemasaran budaya dan efek yang menyertainya. Perbandingan usaha yang dicontohkan dibagi antara pemanfaatan budaya pemasaran yang menghindari “cancel culture” dan usaha yang di “cancelled”. Contoh pemasaran budaya yang benar dapat ditunjukkan dari Marvel, dengan film mereka "Black Panther" dan "Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings", serta Riot dan pemasaran mereka untuk karakter baru untuk game tren Valorant mereka. Tidak seperti Marvel dan Riot Namun, Ada bisnis yang memiliki hasil berbeda dengan upaya mereka dalam pemasaran budaya.Contoh buruk untuk pemasaran budaya ini termasuk Pepsi, dengan kebrutalan dan keragaman polisi, dan Burger King, dengan promosi mereka untuk hari perempuan internasional. Ini adalah contoh bisnis yang mengambil risiko pada pemasaran budaya tetapi akhirnya "cancelled" di internet. Analisis dan perbandingan yang digunakan dengan 4 contoh membantu kami memahami kesalahan yang dibuat. Berdasarkan perbandingan, aspek utama yang menyebabkan Pepsi dan Burger King “cancelled” adalah ketidaktahuan budaya dan eksekusi mereka. Apa yang dapat ditemukan adalah Marvel dan Riot mampu memanfaatkan budaya dengan tepat untuk mendapatkan keuntungan dalam strategi pemasaran mereka dengan menggunakan identitas budaya tersebut untuk membantu mempromosikannya sendiri. Padahal, Pepsi dan Burger King tidak memiliki pemikiran itu sebelum menjalankan strategi mereka. Menyimpulkan temuan bahwa risiko berkorelasi dengan kesesuaian bagaimana budaya digunakan dalam strategi pemasaran mereka, risiko bisnis untuk menghindari "cancel" dapat dikurangi bila digunakan dengan pemahaman budaya yang besar. Oleh karena itu, risiko menggunakan budaya dan risiko dari ancaman "cancel culture" bergantung pada ketidaktahuan budaya bisnis dan bagaimana mereka berencana menggunakan budaya tersebut.