digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER - Miftah Maimunah.pdf
PUBLIC Alice Diniarti

BAB I - Miftah Maimunah.pdf
PUBLIC Alice Diniarti

BAB II - Miftah Maimunah.pdf
PUBLIC Alice Diniarti

BAB III - Miftah Maimunah.pdf
PUBLIC Alice Diniarti

BAB IV - Miftah Maimunah.pdf
PUBLIC Alice Diniarti

BAB V - Miftah Maimunah.pdf
PUBLIC Alice Diniarti

BAB VI - Miftah Maimunah.pdf
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Miftah Maimunah Ma'ruf
PUBLIC Alice Diniarti

LAMPIRAN - Miftah Maimunah.pdf
PUBLIC Alice Diniarti

Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jalan Tol Cipali selama tahun 2018-2020 didominasi oleh kasus tabrakan depan belakang. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut yaitu adanya perbedaan kecepatan yang cukup besar antara kendaraan ringan dan truk besar. Oleh karena itu, pengelola Jalan Tol Cipali memasang CCTV dan rambu petunjuk keberadaan CCTV pada beberapa lokasi untuk memantau pergerakan dan kecepatan kendaraan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas rambu petunjuk keberadaan CCTV terhadap pengurangan kecepatan kendaraan ringan dan truk besar di jalan tol dengan menggunakan metode N-gain Score dan metode Cohen’s d Effect Size. Hasil penelitian mengindikasikan secara umum pemasangan rambu petunjuk keberadaan CCTV tidak efektif dalam menurunkan kecepatan truk besar, namun terdapat ketidakkonsistenan akan efektivitas pemasangan rambu tersebut dalam menurunkan kecepatan kendaraan ringan. Pada jalur B, pemasangan rambu petunjuk CCTV tidak efektif dalam menurunkan kecepatan kendaraan ringan. Namun pada jalur A, pemasangan rambu petunjuk CCTV efektif menurunkan kecepatan kendaraan ringan pada akhir pekan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Cohen’s d sebesar 0,88 dan 0,96 untuk periode sibuk dan tidak sibuk yang menyatakan efektivitas besar. Sedangkan pada hari kerja, hasil Cohen’s d Effect Size menunjukkan pemasangan rambu petunjuk CCTV tidak efektif (pada periode sibuk) atau memberikan efektivitas yang kecil (pada periode tidak sibuk) dalam menurunkan kecepatan kendaraan ringan. Sementara skor N-gain untuk jalur A dan B pada hari kerja maupun akhir pekan didapatkan sebesar 0,40 (efektivitas sedang) dan -0,45 (efektivitas rendah). Hal ini sejalan dengan hasil survei persepsi yang dilakukan terhadap 174 pengemudi kendaraan ringan dan 18 pengemudi truk besar. Sebanyak 55% responden pengemudi kendaraan ringan sedikit menurunkan kecepatan kendaraannya ketika melihat rambu petunjuk CCTV, sedangkan 89% responden pengemudi truk besar mengemudi seperti biasa tanpa menurunkan kecepatan.