Jumlah mahasiswa yang terdaftar adalah 8.483.213 yang tersebar di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Potensi pasar di segmen usia 18-30 tahun ini menarik untuk dijajaki. PT Adhi Karya memiliki anak perusahaan khusus untuk pasar mahasiswa, dan apartemen kampus, yaitu PT Adhi Persada Properti. Perusahaan tidak hanya menjalankan apartemen kampus tetapi juga menyewakan rumah, rumah tapak, apartemen, dll. Riset internal menggunakan matriks BCG menunjukkan, apartemen kampus paling potensial untuk pengembangan perusahaan.
Apartemen Kampus Taman Melati Surabaya dioperasikan oleh perusahaan sejak tahun 2014 dan memiliki 1130 unit untuk menampung mahasiswa dan tempat untuk investasi. Sayangnya hingga tahun 2021 baru terjual 52% atau sekitar 587 unit saja. Isunya mulai awal 2014 hingga 2021 penjualan tidak pernah mencapai target namun kompetitor di area yang sama mencatatkan pertumbuhan positif. Apalagi pada tahun 2020-2021 terjadi pandemi global yang menyebabkan aktivitas offline terdistribusi secara drastis. Perilaku pelanggan, kebiasaan pelanggan, dan gaya hidup pelanggan telah berubah secara berbeda dari sebelumnya.
Dunia telah berubah dan sebagian besar penduduk bergantung pada teknologi dan aspek digital. Ini mempengaruhi keseluruhan proses pendidikan, kehidupan, gaya hidup, dan bahkan proses bisnis. Pasar industri Apartemen kampus adalah generasi muda Z yang lahir di era digital dan teknologi, pendekatan pemasaran produk yang ditawarkan pun berbeda-beda. Pemasaran tidak selalu berbicara tentang promosi dan cara menyampaikan nilai. Pemasaran adalah keseluruhan aspek yang berhubungan dengan pelanggan termasuk produk, promosi, tempat, bukti fisik, harga, orang, dan proses.
Untuk memahami apa yang diinginkan oleh calon pelanggan, Taman Melati Surabaya harus melakukan penelitian dengan membandingkan dengan pesaing dan membuat sesuatu yang berbeda untuk menarik perhatian pelanggan. Alat penelitiannya adalah strategi samudra biru, termasuk kanvas strategis, dan penciptaan inovasi nilai. Tidak hanya bereksplorasi dengan kompetitor, Taman Melati Surabaya juga harus memahami karakteristik industri dengan menggunakan lima kekuatan porter dan analisis PESTEL. Karena analisis eksternal telah selesai, maka harus digabungkan dengan kemampuan dan kondisi internal menggunakan Analisis GAP.
Penciptaan inovasi nilai harus menggabungkan perspektif teknologi, disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan juga tren yang terjadi. Semua kreasi tersebut untuk menciptakan inovasi pemasaran baru dalam rangka meningkatkan penjualan.