digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian tentang dampak pandemi terhadap adaptasi strategi pemasaran industri F&B untuk bertahan adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pemasaran dalam mengatasi shock yang ditimbulkan pandemi terhadap bisnis F&B. Bisnis F&B adalah salah satu industri dengan dampak terbesar menurut sumber karena membutuhkan kontak fisik dalam interaksi bisnis. Penelitian ini akan mempelajari strategi pemasaran dan kelangsungan hidup perusahaan seperti bagaimana perusahaan memutuskan untuk bertahan dan tidak terseleksi secara alami dan ekonomis. Keamanan kerja karyawan juga akan dipengaruhi oleh strategi pemasaran baru karena pandemi juga mempengaruhi arus kas yang memaksa perusahaan untuk menetapkan strategi pemasaran baru. Metode pengumpulan data akan difokuskan pada metode kuantitatif dan kualitatif. Kuesioner merupakan pilihan metode kuantitatif yang dapat mewakili data yang cukup untuk kebutuhan dan keinginan konsumen mengetahui keberadaan pandemi. Wawancara akan dilakukan untuk mendapatkan data tentang upaya manajer pemasaran yang mengarahkan staf tentang langkah- langkah apa yang akan mereka ambil untuk menetapkan strategi baru. Analisis Data terdiri dari pengujian validitas dan reliabilitas serta pengujian hipotesis yang akan menerapkan konsep regresi linier sederhana untuk memahami hubungan variabel yang akan diteliti. Kesimpulan itu sendiri menunjukkan tidak signifikannya variabel Pandemik mengenai Keamanan Kerja dan menunjukkan rendahnya tingkat kesediaan pelanggan untuk datang ke restoran yang menarik kesimpulan perlunya adaptasi dalam alur bisnis.