2007 TA PP SITI RUBI ALIYA RAJASA, NOVRIZAL HARDIONO PRATAMA 1-BAB1.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Vika Anastasya Kovariansi 2007 TA PP SITI RUBI ALIYA RAJASA, NOVRIZAL HARDIONO PRATAMA 1-BAB2.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Vika Anastasya Kovariansi 2007 TA PP SITI RUBI ALIYA RAJASA, NOVRIZAL HARDIONO PRATAMA 1-BAB3.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Vika Anastasya Kovariansi 2007 TA PP SITI RUBI ALIYA RAJASA, NOVRIZAL HARDIONO PRATAMA 1-BAB4.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Vika Anastasya Kovariansi 2007 TA PP SITI RUBI ALIYA RAJASA, NOVRIZAL HARDIONO PRATAMA 1-BAB5.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Vika Anastasya Kovariansi 2007 TA PP SITI RUBI ALIYA RAJASA, NOVRIZAL HARDIONO PRATAMA 1-COVER.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Vika Anastasya Kovariansi
ABSTRAK:
Masyarakat berpendapatan rendah di kebanyakan desa di Jawa Barat memiliki kesulitan untuk mengembangkan keadaan ekonomi mereka. Mereka memiliki ketakutan untuk mengambil resiko sehingga membuat mereka untuk membatasi bisnisnya dan untuk berinovasi. Untuk meningkatkan kapasitas bisnis mereka, diperlukan pengembangan dari pihak lain. Berdasarkan kondisi ini, riset ini akan berfokus tentang kelompok swadaya masyarakat di Ciwideuy-Jawa Barat, bernama KUEP Taruna Mukti. Mereka adalah UKM yang baru terbentuk yang memproduksi yoghurt sebagai produk utama mereka, bernama Passmilk yoghurt. Riset ini akan membantu mereka dalam melebarkan pasar mereka dengan pengembangan produk baru, penyusunan promosi produk, dan evaluasi sejauh mana pengembangan terhadap KUEP Taruna Mukti. Riset ini menggunakan metode tes produk untuk mengukur kesiapan produck baru. Lalu metode simulasi tes pasar digunakan untuk mengukur produk yang paling disukai dan melakukan strategi promosi. Setelah itu, metode eksploratif digunakan untuk mengidentifikasi efektifitas promosi dan evaluasi perubahan-perubahan dalam cara pandang KUEP Taruna Mukti terhadap pasar. Riset ini menggunakan aplikasi yang disederhanakan dalam metode-metodenya agar sesuai dengan kapasitas bisnis KUEP Taruna Mukti, agar juga dapat diaplikasikan oleh mereka. Pengembangan produk baru menghasilkan 4 produk baru, yang merupakan peningkatan dari produk-produk sebelumnya. Metode tes produk membuktikan bahwa keempat produk siap dijual di pasaran. Didalam simulasi tes pasar, ditemukan bahwa pasar lebih memilih 3 produk baru lebih baik daripada produk lama. Strategi promosi dalam simulasi tes pasar juga secara efektif sukses meningkatkan penjualan di hari-hari setelahnya. Secara bertahap produk baru mulai untuk menggantikan produk lama karena lebih banyak menghasilkan penjualan. KUEP Taruna Mukti sendiri memperoleh optimisme lebih terhadap masa depan bisnisnya. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa perubahan didalam mereka melalui pengembangan dengan aplikasi yang disederhanakan.