digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Evelyne
Terbatas Perpustakaan Prodi Arsitektur
» ITB

Anak usia dini berada di masa keemasan dimana kecerdasan mereka berada di waktu yang paling optimal. Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa kemampuan pembelajaran seseorang akan menurun setelah melewati masa keemasan ini. Hal ini membuat perkembangan anak pada usia dini menjadi sangat penting untuk masa depan bangsa. Usia anak yang dimaksud ialah satu sampai enam tahun. Pada usia ini, anak suka bermain dan mereka mempelajari sesuatu saat bermain. Hal ini membuat program literasi dini meliputi penghadiran alam, penghadiran ruang bermain sesuai dengan kategorinya, penyediaan ruang kreatif, dan interaksi sosial. Proyek ini juga diharapkan untuk memberikan pengalaman edukasi yang positif dan menyenangkan, serta meningkatkan keterampilan dan kreativitas anak. Proyek terdiri atas fungsi tipologi pusat pembelajaran dan fungsi penunjang. Beberapa teori yang diterapkan dalam proyek, yakni: teori desain biofilik, teori ruang kreatif, teori lima kategori permainan, teori interaksi sosial, teori pencegahan kriminalitas, dan teori-teori lainnya yang berhubungan dengan perkembangan anak. Dengan begitu, anak dapat berkembang secara maksimal di dalam lingkungan yang optimal.