digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP AMARRAKHAISYA SYAMSUAR 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Bersosialisasi merupakan pondasi yang penting ketika akan berinteraksi di lingkungan yang lebih luas. Sebagian besar anak mempelajari kemampuan bahasa, sosial, fisik motorik, seni bahkan nilai moral dan agama di usia awal kehidupan mereka yaitu pada usia 6-12 tahun. Pada rentang usia tersebut, anak berada di usia sekolah sehingga perkembangan sosial anak semakin meluas. Namun, Sejak pandemi covid-19, kegiatan sosial anak terbatas di lingkungan keluarga yang mengarah pada waktu mereka banyak dihabiskan untuk bermain gawai. Akibatnya, pola bersosialisasi anak berubah menjadi lebih memilih untuk bermain secara online daripada secara langsung dengan teman – temannya. Kurangnya pengalaman bersosialisasi ini menyebabkan anak mengalami kebingungan ketika harus berinteraksi langsung. Oleh karena itu, salah satu cara terbaik bagi anak usia 6-12 tahun untuk bersosialisasi adalah melalui bermain. Perancangan ini bertujuan untuk membuat simulasi ruang bermain khusus anak untuk bermain bersama yaitu interactive digital playground. Dengan strategi permainan yang bersifat kolaboratif dan interaktif, diharapkan membuka kesempatan anak untuk merasakan social experience sambil bermain dengan media yang lebih dekat dengan anak usia 6-12 tahun saat ini yaitu digital.