digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Très merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman. Très memperkenalkan diri sebagai spesialis Pasta yang memiliki produk andalan bernama Fusion Pasta Brûlèe. Produk ini merupakan gabungan dari produk yaitu pasta dan dibuat menjadi produk pasta yang disajikan dengan inovatif dengan cita rasa Indonesia. Sebagai salah satu pemula di bidang bisnis, pengalaman fusion dan rasa original menjadi nilai utama bagi bisnis Très. Industri makanan dan minuman memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia tetapi masalahnya adalah, bisnis makanan dan minuman tidak berkelanjutan. Bisnis makanan bisa bertahan lama jika mampu menyeimbangkan pertumbuhan, perkembangan dan inovasi di setiap produk yang dihadirkan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari kebutuhan pelanggan untuk mengembangkan produk baru agar bisnis ini dapat terus bergerak secara berkelanjutan dan mengikuti perkembangan. Selama penelitian diketahui bahwa pelanggan ingin membeli sesuatu untuk dikonsumsi, mereka pasti menginginkan yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhannya. Produk tersebut diharapkan oleh konsumen dapat menyeimbangkan aktivitasnya. Studi buku harian dan pengujian konsep adalah konduktor dalam penelitian ini. Temuan menunjukkan bahwa langkah-langkah penanggulangan untuk setiap pelanggan, (1) membuat waktu pengembangan produk efisien dalam persiapan, (2) produk sehat dan mendukung semua kegiatan, dan (3) produk yang berkelanjutan dari segi lingkungan dan ekonomi. Penelitian ini juga menguji produk pengembangan baru menggunakan pengujian konsep. Mengetahui kebutuhan pelanggan, membuat Très membuat rencana produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Très membuat analisis studi buku harian untuk menentukan aktivitas dan pengalaman makan pelanggan. Pelanggan benar-benar memahami pentingnya nutrisi dalam tubuh yang mempengaruhi aktivitas mereka. Très juga mencari tahu tentang saran makanan sehat. Hasil studi diary, pelanggan menginginkan makanan yang sehat tetapi juga rasanya enak dan hemat waktu. Setelah itu hasil studi diary, Très melalui analisis pengujian konsep, dari sini diketahui apakah produk tersebut mampu diterima oleh masyarakat sebagai produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah Pengembangan Produk Baru dan akan diimplementasikan pada usaha ini yang disajikan dalam bentuk OKR dan KPI sesuai dengan kebutuhan konsumen. Diharapkan Très dan tim secara konsisten mengutamakan kebutuhan konsumen untuk pembentukan produk baru agar bisnis ini terus berkembang dan berkelanjutan mengikuti perkembangan zaman dan perkembangan teknologi.