2022 SK PP Fhytho B J Franscies [19019097] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Wiwik Istiyarini
Industri Perhotelan, sebagai orang perjalanan waktu ke waktu mereka selalu
menggunakan jasa hotel dan bisnis lainnya. Website resmi Merusaka Nusa Dua Bali
menyatakan bahwa, Merusaka yang dulu bernama INAYA Putri Bali, mengambil nama
dari kepercayaan Hindu di Bali. Pada tanggal 8 April 2021, hotel mengucapkan selamat
tinggal kepada INAYA Putri Bali dan menyambut MERUSAKA sebagai hotel yang
secara resmi diubah menjadi konsep baru yang lahir setelah pemikiran yang
panjang.Rebranding bertujuan untuk menciptakan nilai dan pandangan baru oleh
pelanggan terhadap merek, dan rebranding dapat dikatakan berhasil jika pelanggan
memiliki persepsi kualitas yang bagus. Seiring dengan itu, ekuitas merek akan bertambah
karena nilai merek itu bertambah, yang akan mengarah kepada bertambahnya niat
pembelian pelanggan. Penelitian ini ditujukan untuk menentukan atribut yang
mempengaruhi niat pembelian pelanggan terhadap Merusaka Nusa Dusa melalui ekuitas
merek. Oleh karena itu untuk memperoleh hasil yang maksimal, peneliti telah
menentukan beberapa atribut untuk mendukung penelitian ini. Pengumpulan data
dilakukan dengan kuesioner, item kuesioner dibuat berdasarkan teori dan penelitian
terdahulu dan disebarkan melalui google form. Data berhasil dikumpulkan dari 415
responden kuesioner dan akan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square
Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir
semua atribut yang telah ditentukan signifikan mempengaruhi niat pembelian pelanggan
melalui ekuitas merek. Akan tetapi, kesadaran merek ditemukan tidak signifikan
mempengaruhi ekuitas merek. Selain itu, ditemukan bahwa meski mayoritas dari
responden memiliki kesadaran akan Merusaka Nusa Dua Bali, tidak diikuti dengan
jumlah niat pembelian pelanggan yang tinggi. Merek tidak hanya harus peduli dengan
kesadaran pelanggan akan merek, tetapi juga harus memperhatikan keterikatan pelanggan
dengan merek tersebut.
Kata kunci: Industri Perhotelan, ekuitas merek, niat pembelian pelanggan, rebranding,
strategi komunikasi pemasaran, kesadaran merek, citra merek, persepsi kualitas, PLSSEM.