digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri Perhotelan, sebagai orang perjalanan waktu ke waktu mereka selalu menggunakan jasa hotel dan bisnis lainnya. Website resmi Merusaka Nusa Dua Bali menyatakan bahwa, Merusaka yang dulu bernama INAYA Putri Bali, mengambil nama dari kepercayaan Hindu di Bali. Pada tanggal 8 April 2021, hotel mengucapkan selamat tinggal kepada INAYA Putri Bali dan menyambut MERUSAKA sebagai hotel yang secara resmi diubah menjadi konsep baru yang lahir setelah pemikiran yang panjang.Rebranding bertujuan untuk menciptakan nilai dan pandangan baru oleh pelanggan terhadap merek, dan rebranding dapat dikatakan berhasil jika pelanggan memiliki persepsi kualitas yang bagus. Seiring dengan itu, ekuitas merek akan bertambah karena nilai merek itu bertambah, yang akan mengarah kepada bertambahnya niat pembelian pelanggan. Penelitian ini ditujukan untuk menentukan atribut yang mempengaruhi niat pembelian pelanggan terhadap Merusaka Nusa Dusa melalui ekuitas merek. Oleh karena itu untuk memperoleh hasil yang maksimal, peneliti telah menentukan beberapa atribut untuk mendukung penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, item kuesioner dibuat berdasarkan teori dan penelitian terdahulu dan disebarkan melalui google form. Data berhasil dikumpulkan dari 415 responden kuesioner dan akan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua atribut yang telah ditentukan signifikan mempengaruhi niat pembelian pelanggan melalui ekuitas merek. Akan tetapi, kesadaran merek ditemukan tidak signifikan mempengaruhi ekuitas merek. Selain itu, ditemukan bahwa meski mayoritas dari responden memiliki kesadaran akan Merusaka Nusa Dua Bali, tidak diikuti dengan jumlah niat pembelian pelanggan yang tinggi. Merek tidak hanya harus peduli dengan kesadaran pelanggan akan merek, tetapi juga harus memperhatikan keterikatan pelanggan dengan merek tersebut. Kata kunci: Industri Perhotelan, ekuitas merek, niat pembelian pelanggan, rebranding, strategi komunikasi pemasaran, kesadaran merek, citra merek, persepsi kualitas, PLSSEM.