2022 SK Salma Maitsaa Anwar-Abstract.pdf
]
PUBLIC Wiwik Istiyarini Final Defense Salma Maitsaa_19219073.pdf
PUBLIC Wiwik Istiyarini
Lingkungan merupakan aspek kehidupan yang sebagian besar tidak dapat dipisahkan dari
bagaimana manusia mengolah dan memelihara kehidupannya. Namun, peristiwa baru-baru
ini telah melanggengkan kerusakan lingkungan di seluruh dunia. Salah satunya adalah
Indonesia, di mana diproyeksikan bahwa dampak kerusakan yang diderita oleh
lingkungannya dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya bencana alam dari segala jenis
yang mungkin terjadi. Bersamaan dengan itu, terjadi pula pergeseran gaya hidup masyarakat
dalam menjalani kehidupannya. Ada lonjakan produk hijau dan tren gaya hidup di dunia,
termasuk Indonesia. Beberapa peneliti telah menemukan hubungan antara kesadaran akan
betapa rentannya lingkungan terhadap kerusakan dan niat membeli produk ramah lingkungan.
Det-Urgent adalah perusahaan yang fokus pada produk ramah lingkungan, lebih spesifiknya
deterjen. Meskipun berbagai penelitian membedah hubungan antara kesadaran lingkungan
dan niat beli produk ramah lingkungan, yang secara khusus berfokus pada deterjen masih
langka. Det-Urgent telah mengintegrasikan kesadaran lingkungan dalam strategi pemasaran
mereka dan dengan penelitian ini ingin memahami lebih baik jika ada hubungan yang
mendalam antara kesadaran lingkungan dan niat beli terhadap deterjen ramah lingkungan.
Penelitian ini akan mendalami hubungan antara kesadaran lingkungan dan niat beli terhadap
deterjen ramah lingkungan. Metode yang akan digunakan adalah metode kuantitatif dengan
survei sebagai instrumen pengumpulan data utamanya. Selanjutnya data yang telah terkumpul
selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan metode regresi berganda. Berdasarkan
survei, terdapat total 142 responden yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan untuk
penelitian ini. Dari data yang telah dikumpulkan dan selanjutnya dianalisis, diketahui bahwa
kesadaran lingkungan sendiri tidak mempengaruhi niat beli terhadap deterjen ramah
lingkungan. Variabel tersebut harus dijalankan melalui sikap terhadap suatu produk terlebih
dahulu, artinya pengaruhnya bersifat tidak langsung. Pengaruh langsung dari niat beli adalah
norma subjektif, sikap terhadap produk dan perilaku yang dirasakan terakhir.