Di era pesatnya perkembangan teknologi digital, penyaluran informasi secara utama disalurkan
melalui digital. Bagi para penyandang disabilitas penglihatan (PDP) atau Blind or Visually
Impaired (BVI), pengaksesan informasi digital umumnya dilakukan dengan indra pendengaran
yakni dengan memanfaatkan aplikasi screen reader atau mendengarkan buku audio. Penelitian
ini membahas mengenai pengembangan aplikasi buku audio pada platform Android yang
memiliki aksesibilitas tinggi serta terintegrasi dengan sistem produksi buku audio eksternal yang
berbasis text-to-speech (TTS).
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model proses pengembangan Waterfall yang
secara terurut mencakup tahapan analisis kebutuhan, desain perangkat lunak, implementasi
pengembangan lunak, pengujian, serta pemeliharaan perangkat lunak. Proses rekayasa perangkat
lunak dilakukan dengan melibatkan Pusat AI ITB selaku product owner, serta siswa-siswi PDP
maupun non-PDP selaku calon pengguna aplikasi. Penelitian dilanjutkan degan desain arsitektur
aplikasi dalam diagram-diagram UML mencakup diagram entity relation, diagram kelas, diagram
use case, diagram sekuens aplikasi. perangkat lunak serta pengembangan aplikasi buku audio
(audiobook) tersebut dengan Android Architecture Component. Pada arsitektur tersebut terdapat
tiga buah komponen utama yaitu komponen view, viewmodel, dan model. Pembagian komponen
tersebut mengikuti pola desain MVVM yang sangat popular digunakan dalam pengembangan
aplikasi Android karena tingginya modularitas aplikasi serta memungkinkan adanya realtime
sinkronisasi antara data dengan user interface. Hasil pengembangan akan diujikan kepada
pengguna PDP serta non-PDP di mana berdasarkan hasil pengujian, akan dilakukan perbaikan
perangkat lunak tersebut mengikuti alur model Waterfall.