digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Media sosial dan dampaknya terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen dan kepuasan pelanggan telah dibahas secara luas oleh jurnal, tetapi terdapat kesenjangan dalam literatur yang ada dalam hal platform media sosial, industri, lokasi penelitian, dan variabel yang dibahas. Faktor eksternal (social media marketing, electronic word-ofmouth, dan media entertainment) dan faktor internal (motivasi hedonis dan kepercayaan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif, menurut penelitian sebelumnya. Dengan faktor eksternal dan internal sebagai dimensi perilaku pembelian impulsif, penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan penelitian dengan meneliti dampak TikTok dan bagaimana pengaruhnya terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen pada brand fashion lokal, serta pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan sebagai pos -efek pembelian impulsif. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif, dengan teknik survei online. Responden yang dilibatkan dalam penelitian ini ada sebanyak 260 responden. Data tersebut dianalisis dengan metode PLS-SEM menggunakan aplikasi SmartPLS. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa electronic word-of-mouth, motivasi hedonis, dan kepercayaan merupakan variabel yang mempengaruhi perilaku pembelian impulsif, dan perilaku pembelian impulsif juga merupakan faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Menurut penelitian ini, baik social media marketing maupun media entertainment tidak berdampak positif terhadap pembelian impulsif. Studi ini mengisi kesenjangan penelitian dan memperluas pengetahuan kita tentang pengaruh TikTok pada perilaku pembelian impulsif dan kepuasan pelanggan dengan hasil yang dicapai. Kata Kunci: Perilaku Pembelian Impulsif; Kepuasan Pelanggan; Social Media Marketing, Electronic Word-of-mouth, Media Entertainment, Motivasi Hedonis, Kepercayaan; TikTok; Brand Fashion Lokal