digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dengan semakin berkembangnya teknologi, terjadi sebuah behavior shift pada perilaku belanja masyarakat, salah satunya dalam membeli salah satu kebutuhan pokok, yaitu pakaian. Saat ini, produk pakaian dapat dibeli secara online di e-commerce dengan mudah, tetapi pembelian produk pakaian secara online memiliki konsekuensi yaitu kemungkinan terjadinya ketidaksesuaian ekspektasi pengguna dengan produk aslinya. Fitur yang telah ada di e-commerce sekarang belum dapat memberikan pengalaman terpersonalisasi untuk mencocokkan pakaian dengan karakteristik pengguna secara virtual. Oleh karena itu, tujuan tugas akhir ini adalah untuk mengembangkan desain interaksi fitur virtual try-on produk pakaian atau virtual dressing room di e-commerce yang dapat membantu pengguna dalam membuat keputusan dengan lebih baik saat membeli pakaian. Pengembangan desain interaksi ini menggunakan metodologi user- centered design (UCD) menurut ISO 9241-210 dengan mengutamakan partisipasi pengguna secara langsung dalam prosesnya. Proses UCD terdiri dari identifikasi konteks penggunaan, spesifikasi kebutuhan pengguna, implementasi prototipe desain interaksi, dan evaluasi prototipe yang bersifat iteratif. Luaran dari tugas akhir ini adalah prototipe high-fidelity yang memenuhi usability goals dan user experience goals yaitu effective to use, easy to learn, have a good utility, helpful, dan enjoyable. Ketercapaian usability goals dan user experience goals diukur secara kuantitatif menggunakan metrik Success Rate untuk effective to use, Single Easy Question (SEQ) dan Learning Curve (time to complete a task) untuk easy to learn, System Usability Scale (SUS) untuk have a good utility, Intrinsic Motivation Inventory (IMI) subskala value/usefulness untuk helpful, dan Intrinsic Motivation Inventory subskala interest/enjoyment untuk enjoyable. Nilai Success Rate adalah sebesar 100%, skor SEQ adalah sebesar 6.92, average time to complete task dengan kenaikan efisiensi sebesar 46.42% pada iterasi kedua, skor SUS adalah sebesar 85.5, skor IMI subskala value/usefulness adalah 6.5, dan skor IMI subskala interest/enjoyment adalah 6.4. Dengan hasil pengukuran tersebut, dapat disimpulkan bahwa prototipe sudah mencapai usability goals dan user experience goals.