Dengan semakin berkembangnya teknologi, terjadi sebuah behavior shift pada perilaku
belanja masyarakat, salah satunya dalam membeli salah satu kebutuhan pokok, yaitu
pakaian. Saat ini, produk pakaian dapat dibeli secara online di e-commerce dengan
mudah, tetapi pembelian produk pakaian secara online memiliki konsekuensi yaitu
kemungkinan terjadinya ketidaksesuaian ekspektasi pengguna dengan produk aslinya.
Fitur yang telah ada di e-commerce sekarang belum dapat memberikan pengalaman
terpersonalisasi untuk mencocokkan pakaian dengan karakteristik pengguna secara
virtual. Oleh karena itu, tujuan tugas akhir ini adalah untuk mengembangkan desain
interaksi fitur virtual try-on produk pakaian atau virtual dressing room di e-commerce
yang dapat membantu pengguna dalam membuat keputusan dengan lebih baik saat
membeli pakaian. Pengembangan desain interaksi ini menggunakan metodologi user-
centered design (UCD) menurut ISO 9241-210 dengan mengutamakan partisipasi
pengguna secara langsung dalam prosesnya. Proses UCD terdiri dari identifikasi
konteks penggunaan, spesifikasi kebutuhan pengguna, implementasi prototipe desain
interaksi, dan evaluasi prototipe yang bersifat iteratif. Luaran dari tugas akhir ini adalah
prototipe high-fidelity yang memenuhi usability goals dan user experience goals yaitu
effective to use, easy to learn, have a good utility, helpful, dan enjoyable. Ketercapaian
usability goals dan user experience goals diukur secara kuantitatif menggunakan metrik
Success Rate untuk effective to use, Single Easy Question (SEQ) dan Learning Curve
(time to complete a task) untuk easy to learn, System Usability Scale (SUS) untuk have
a good utility, Intrinsic Motivation Inventory (IMI) subskala value/usefulness untuk
helpful, dan Intrinsic Motivation Inventory subskala interest/enjoyment untuk
enjoyable. Nilai Success Rate adalah sebesar 100%, skor SEQ adalah sebesar 6.92,
average time to complete task dengan kenaikan efisiensi sebesar 46.42% pada iterasi
kedua, skor SUS adalah sebesar 85.5, skor IMI subskala value/usefulness adalah 6.5,
dan skor IMI subskala interest/enjoyment adalah 6.4. Dengan hasil pengukuran
tersebut, dapat disimpulkan bahwa prototipe sudah mencapai usability goals dan user
experience goals.