digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK M. Rizki Mardanu Hilman
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 1 M. Rizki Mardanu Hilman
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 2 M. Rizki Mardanu Hilman
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 3 M. Rizki Mardanu Hilman
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 4 M. Rizki Mardanu Hilman
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 5 M. Rizki Mardanu Hilman
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

PUSTAKA M. Rizki Mardanu Hilman
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

Pandemi Covid-19 merebak di Indonesia pada Maret 2020 yang memberikan dampak besar pada kehidupan manusia. Sektor pariwisata menjadi sektor yang terdampak. Salah satu destinasi wisata yang berdampak saat pandemi Covid -19 adalah Pantai Padang. Pantai Padang merupakan destinasi pariwisata yang dikembangkan oleh pemerintah Kota Padang. Destinasi wisata ini memiliki ciri khas dengan menyajikan daya tarik alam. Pengembangan destinasi wisata Pantai Padang sesuai dengan arahan RTRW Kota Padang tahun 2010-2030 dan visi misi Wali Kota Padang. Kunjungan wisatawan menurun sebesar 87% karena pembatasan pergerakan dan larangan bepergian oleh pemerintah. Selain itu, berdasarkan RPJMD Kota Padang tahun 2019 - 2024 potensi pariwisata pantai di Kota Padang belum dikelola secara optimal dan masih terdapat banyak permasalahan terkait infrastruktur. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pengembangan pariwisata Pantai Padang yang memperhatikan kondisi ketidakpastian berakhirnya pandemi Covid -19. Analisis 4A terdiri dari atraksi, amenitas, aksesibilitas, dan kelembagaan untuk mengidentifikasi karakteristik kegiatan pariwisata Panta i Padang. Berdasarkan hasil analisis deskriptif kualitatif dan analisis 4A ditemukan bahwa kondisi objek atraksi, fasilitas, dan aksesibilitas masih memiliki permasalahan terkait kebersihan, keindahan serta kesesuaian kapasitas. Berdasarkan hasil analisis karakteristik kegiatan pariwisata didapatkan potensi, kelemahan, peluang, dan tantangan dalam pengembangan Pantai Padang yang akan digunakan dalam merumuskan strategi pengembangan dengan menggunakan metode SWOT yang dapat diterapkan di Pantai Padang dengan peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur dasar dan sarana pendukung pariwisata dengan standar yang baik, memanfaatkan teknologi dalam melakukan promosi pariwisata serta melakukan inovasi agar meningkatkan kepercayaan pihak investor dalam melakukan investasi, Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan pengembangan pariwisata Pantai Padang