Pendidikan arsitektur komputer merupakan salah satu hal yang penting untuk
dipelajari oleh pelajar atau mahasiswa yang berkaitan dengan ilmu komputer atau
teknik. Dalam mempelajari arsitektur komputer sendiri terdapat beragam jenis
prosesor yang dapat dipelajari seperti MIPS, PIC, AVR, dll. Karena adanya
beragam prosesor inilah timbul permasalahan dikalangan para pendidik tentang
arsitektur apa yang sebaiknya digunakan dalam pembelajaran arsitektur komputer
(Jamieson dkk, 2019). Perbedaan penggunaan arsitektur ini didukung dengan
banyaknya buku pembelajaran arsitektur komputer yang populer di dunia
menggunakan arsitektur yang berbeda-beda. Dari berbagai jenis prosesor yang ada
terdapat satu prosesor yang sangat potensial untuk digunakan karena open-source
dan telah banyak digunakan diberbagai perguruan tinggi dan perusahaan besar di
dunia. Hal inilah yang menginisiasi munculnya sebuah permasalahan akan
kebutuhan framework atau tools untuk mendukung kegiatan pembelajaran atau
penelitian RISC-V.
Untuk memecahkan persoalan ini dilakukan beberapa tahapan agar dapat
memperoleh solusi yang tepat. Dimulai dengan analisis terhadap RISC-V dari segi
ekonomi, manufakturabilitas, keberlanjutan, pendidikan, dan social. Setelah
analisis ini, dirumuskan kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi untuk produk
solusi dan diuraikan beberapa usulan solusi. Beberapa usulan solusi akan dianalisis
dan didapatkan sebuah solusi untuk mengimplementasikan dan memvisualisasikan
RISC-V. Setelah menemukan solusi, langkah selanjutnya menentukan spesifikasi
yang akan dicapai pada produk yang dibuat dan membuat beberapa desain sistem
dari produk. Setelah satu desain system terbaik terpilih dilakukan
pengimplementasian dan pengujian dari system yang telah dibuat.
Produk untuk memecahkan permasalahan kebutuhan RISC-V untuk penunjang
pendidikan ini dipecah menjadi tiga bagian yaitu simulator, overlay PS ke PL, serta
control unit dan implementasi RISC-V pada PYNQ-Z1. Pada buku tugas akhir ini
hanya difokuskan pada overlay PS ke PL. Overlay PS dan PL ini dilakukan
menggunakan board FPGA PYNQ-Z1 dan dibuat untuk salah satu bab pada modul
pembelajaran arsitektur komputer berbasis RISC-V. Overlay PS ke PL ini dapat
memenuhi sebagian dari spesifikasi keseluruhan produk yaitu RTL dapat diimplementasikan pada FPGA, penggunaan FPGA dengan tambahan prosesor, dan
salah satu bagian dari modul pembelajaran. Selain itu juga terdapat simulasi untuk
system RVfpga dengan core SweRV EH1 dengan verilator dan whisper. SweRV
EH1 ini merupakan prosesor 32 bit dengan 9-stage pipelined yaitu stage fetch1,
fetch2, align, decode, EX1/M1, EX2/M2, EX3/M3, commit, dan writeback. Dari
hasil simulasi yang dilakukan dapat dilihat sinyal instruksi untuk setiap tahapan
pada SweRV EH1 dan perbedaan cara melakukan simulasi dengan verilator dan
whisper. Pada sistem RVfpga terdapat input/output dengan 7 peripheral yang dapat
digunakan, namun pengimplementasian pada tugas akhir ini hanya dilakukan untuk
2 peripheral yaitu menggunakan GPIO untuk mengontrol switch dan led serta
menggunakan 8-digit 7-segment untuk menampilkan angka.