digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Topik mengenai gender dalam bidang desain interaksi manusia-komputer merupakan hal yang kurang dibahas ketika membicarakan inklusivitas dalam bidang desain interaksi manusiakomputer. Padahal, ada bias gender terhadap laki-laki di bidang teknologi informasi. Bias gender ini membuat desain antarmuka cenderung berkesan maskulin. Desain maskulin ini memberikan dampak negatif terhadap perempuan yang menimbulkan hilangnya rasa ambient belonging pada pengguna perempuan dalam menggunakan desain antarmuka. Oleh karena itu, Tugas Akhir ini akan menggunakan desain gender-neutral sebagai alternatif untuk mengatasi bias gender yang ada pada desain antarmuka dalam Steam, sebuah platform video game PC dengan desain yang maskulin. Tujuan utama yang ingin dicapai pelaksanaan Tugas Akhir ini adalah menghasilkan rancangan interaksi gender-neutral yang memenuhi metrik usability dan user experience goals. Metodologi yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah UserCentered Design (UCD). Hasil dari Tugas Akhir ini adalah rancangan prototype high-fidelity dari aplikasi Steam yang memenuhi metrik usability (effective, easy to learn) dan user experience goals (satisfying) dan memiliki desain yang gender-neutral. Rancangan prototype high-fidelity diuji menggunakan usability testing. Hasil usability testing menunjukkan bahwa rancangan prototype high-fidelity yang dibuat memenuhi metrik usability dan user experience goals serta berhasil menciptakan kesan netral kepada pengguna. Untuk masing-masing metrik pengujian dalam usability testing yang diambil dari kelompok partisipan laki-laki dan perempuan, diperoleh hasil berupa 100% completion rate untuk metrik usability effective, skor rata-rata 6.7 dan 6.2 untuk kuesioner SEQ, serta skor rata-rata 92.5 dan 81.25 untuk kuesioner SUS.