digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Anna Elvira Hartoyo
PUBLIC Alice Diniarti

Kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting dan berharga dalam diri setiap manusia. Namun, berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, pada tahun 2018 terdapat 9.8% penduduk berusia di atas 15 tahun mengalami gangguan mental emosional. Sementara itu, kesadaran dan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai kesehatan mental masih perlu ditingkatkan melalui pemberian edukasi kesehatan mental. Saat ini sudah ada sumber dan aplikasi yang memberikan edukasi kesehatan mental. Namun sumber dan aplikasi tersebut masih memiliki kekurangan, sehingga terdapat masalah dan ekspektasi yang belum terpenuhi. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dibuat desain interaksi aplikasi edukasi kesehatan mental yang dapat membantu para penggunanya untuk memperoleh konten edukasi kesehatan mental sesuai dengan tujuan dan kebutuhannya dengan menggunakan pendekatan Goal-Directed Design. Proses desain dilakukan mulai dari riset, analisis data dan identifikasi persona, pendefinisian kebutuhan, perancangan dan implementasi low-fidelity dan high-fidelity prototype, hingga pengujian secara iteratif. Keluaran dari tugas akhir ini adalah high-fidelity prototype aplikasi yang telah memenuhi end goals, usability goals effective to use dan having good utility, serta user experience goals satisfying, helpful, dan enjoyable. Setiap goals diuji melalui usability testing dengan menggunakan metrik pengujian post-task question untuk end goals, completion rate untuk effective to use, System Usability Scale (SUS) untuk having good utility, Customer Satisfaction (CSAT) untuk satisfying, Intrinsic Motivation Inventory (IMI) subskala value/usefulness untuk helpful, dan IMI subskala interest/enjoyment untuk enjoyable. Hasil yang diperoleh adalah 5 dari 5 end goals berhasil dicapai, completion rate sebesar 100%, skor SUS adalah 88/100 dengan grade A (excellent), skor CSAT adalah 4,9/5,0, skor IMI subskala value/usefulness adalah 6,57/7,0, dan skor IMI subskala enjoyment/interest adalah 6,4/7,0.