digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Tatinia Arda Rizqi Amalia
PUBLIC Dewi Supryati

PT X merupakan induk perusahaan dari beberapa perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, khususnya perkebunan kelapa sawit. Untuk mengelola lahan perkebunan dan pabrik kepala sawit pada anak-anak perusahaanya, PT X mencoba untuk mengembangkan software Y yang berguna untuk meningkatkan akurasi data dari seluruh proses produksi sehingga kemungkinan terjadinya kerugian menjadi lebih kecil. Pada Desember 2019-Desember 2020, PT X menerima 68 keluhan terhadap software Y. Keluhan tersebut berkaitan dengan kesalahan data yang dihasilkan, lambatnya software dalam memproses data, dan ketidaksesuaian fungsi software Y pada beberapa modul. Sedangkan, PT X memiliki target untuk hanya menerima 12 keluhan saja setiap tahunnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas software Y masih cukup jauh dari target perusahaan. Penelitian ini mengusulkan metode pengembangan kualitas berdasarkan six sigma untuk menyelesaikan permasalahan kualitas software Y. Pada penelitian ini, kerangka six sigma DMADV digunakan untuk menganalisis akar penyebab yang memiliki pengaruh besar terhadap keluhan user terhadap software Y. Berdasarkan hasil elaborasi bersama dengan stakerholder PT X, akan dirancang usulan perbaikan yang dapat mengurangi keluhan user. Usulan perbaikan yang akan dirancang adalah perancangan program pelatihan junior programmer dan perancangan technical document. Program pelatihan yang akan dirancangan dengan mengadaptasi framework pelatihan Windows dan pengembangan kurikulum SKKNI 615-2012 mengenai programmer komputer. Sedangkan, technical document akan dirancang berdasarkan IEEE standard 1063-2001 for software user documentation. Hasil rancangan usulan perbaikan diharapkan dapat meningkatkan efektivitas proses penulisan kode pada script software Y dan meminimasi aktivitas perbaikan software Y secara teknis.