digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pandemi COVID-19 yang melanda berbagai negara di dunia sudah merubah banyak aspek dalam kehidupan masyarakat Indonesia, tidak terkecuali di bidang kuliner atau makanan-minuman. Pada penelitian ini, penulis melakukan pemodelan terhadap kata kunci terkait makanan dan minuman dengan menggunakan data websearch dari website Google Trend. Pemodelan ini menggunakan metode Richard’s Curve yang merupakan salah satu model untuk melihat pertumbuhan populasi. Dengan menggunakan model ini penulis bertujuan untuk melihat jenis bisnis kuliner yang tren di masa pandemi, setidaknya sampai akhir tahun 2022. Hasil yang didapat dari pemodelan Richard’s Curve ini dibagi menjadi 3 kategori, yaitu makanan viral, makanan emerging, dan makanan populer. Makanan viral adalah makanan yang terkenal atau diminati masyarakat dalam waktu singkat, sehingga berdasarkan hasil Richard’s Curve diprediksi bahwa makanan dalam kategori ini tidak akan dicari lagi oleh masyarakat, setidaknya sampai akhir tahun 2022. Makanan emerging adalah makanan yang meningkat pencariannya selama COVID-19. Dari hasil Richard’s Curve, ada beberapa kata kunci dalam kategori ini yang masih tinggi peminatnya sampai akhir tahun 2022, dan sebagian lainnya, sama seperti makanan viral, sudah tidak akan dicari masyarakat. Kategori terakhir adalah makanan populer, atau makanan yang sudah dikenal masyarakat luas bahkan dari sebelum pandemi COVID-19. Dari model Richard’s Curve terlihat bahwa makanan pada kategori ini akan tetap terjaga popularitasnya hingga akhir tahun 2022. Selanjutnya, dari beberapa kata kunci yang telah ditinjau, akan dilihat pula interaksi antar brand yang mendominasi bisnis kuliner tersebut. Interaksi ini akan dilihat menggunakan model Lotka-Volterra kompetisi untuk dua spesies. Kata kunci yang dipilih untuk ditinjau lebih lanjut adalah fast food dengan brand yang mendominasi KFC dan McDonald’s, serta frozen food dengan brand yang mendominasi adalah Fiesta, So Good, dan Kanzler. Dari model Lotka Volterra yang didapat diperkirakan sampai akhir tahun 2022, bisnis kuliner fast food akan didominasi oleh McDonald’s sementara frozen food akan didominasi oleh Kanzler.