Pandemi COVID-19 yang melanda berbagai negara di dunia sudah merubah
banyak aspek dalam kehidupan masyarakat Indonesia, tidak terkecuali di bidang
kuliner atau makanan-minuman. Pada penelitian ini, penulis melakukan pemodelan
terhadap kata kunci terkait makanan dan minuman dengan menggunakan data
websearch dari website Google Trend. Pemodelan ini menggunakan metode
Richard’s Curve yang merupakan salah satu model untuk melihat pertumbuhan
populasi. Dengan menggunakan model ini penulis bertujuan untuk melihat jenis
bisnis kuliner yang tren di masa pandemi, setidaknya sampai akhir tahun 2022.
Hasil yang didapat dari pemodelan Richard’s Curve ini dibagi menjadi 3 kategori,
yaitu makanan viral, makanan emerging, dan makanan populer. Makanan viral
adalah makanan yang terkenal atau diminati masyarakat dalam waktu singkat,
sehingga berdasarkan hasil Richard’s Curve diprediksi bahwa makanan dalam
kategori ini tidak akan dicari lagi oleh masyarakat, setidaknya sampai akhir tahun
2022. Makanan emerging adalah makanan yang meningkat pencariannya selama
COVID-19. Dari hasil Richard’s Curve, ada beberapa kata kunci dalam kategori ini
yang masih tinggi peminatnya sampai akhir tahun 2022, dan sebagian lainnya, sama
seperti makanan viral, sudah tidak akan dicari masyarakat. Kategori terakhir adalah
makanan populer, atau makanan yang sudah dikenal masyarakat luas bahkan dari
sebelum pandemi COVID-19. Dari model Richard’s Curve terlihat bahwa makanan
pada kategori ini akan tetap terjaga popularitasnya hingga akhir tahun 2022. Selanjutnya,
dari beberapa kata kunci yang telah ditinjau, akan dilihat pula interaksi
antar brand yang mendominasi bisnis kuliner tersebut. Interaksi ini akan dilihat
menggunakan model Lotka-Volterra kompetisi untuk dua spesies. Kata kunci yang
dipilih untuk ditinjau lebih lanjut adalah fast food dengan brand yang mendominasi
KFC dan McDonald’s, serta frozen food dengan brand yang mendominasi adalah
Fiesta, So Good, dan Kanzler. Dari model Lotka Volterra yang didapat diperkirakan
sampai akhir tahun 2022, bisnis kuliner fast food akan didominasi oleh McDonald’s
sementara frozen food akan didominasi oleh Kanzler.