Jumlah restoran di Indonesia yang selalu meningkat setiap tahunnya bahkan pada saat
terjadinya COVID-19 pandemic menjadikan tingginya kompetisi di industri makanan dan
minuman saat ini. Braga Permai merupakan salah satu restoran tertua di kota Bandung yang
telah berdiri sejak tahun 1918, berlokasi di jalan Braga. Restoran yang masih mempertahankan
resep asli khas negeri Belanda dan suasana restoran yang sama sejak dulu menjadikannya
sebagai warisan lokal Kota Bandung. Namun, banyaknya café dan resto yang lebih modern
bermunculan juga kebijakan pemerintah dalam menghadapi virus Covid-19 berdampak pada
penurunan penjualan di restoran Braga Permai secara signifikan sebanyak 50-80%. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisa keadaan bisnis Braga Permai saat ini dan mengusulkan strategi
marketing yang baru untuk Braga Permai dalam menghadapi situasi setelah pandemi covid-19
agar dapat meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode survei deskriptif dengan
menganalisis kondisi bisnis internal dan eksternal dari Braga Permai. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi dan wawancara, juga survei kuesioner. Data sekunder didapatkan
dari laporan institusi, internet, buku, dan jurnal. Analisis internal yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah analisis STP analysis (Segmenting, Targeting, dan Positioning), 7P’s
marketing mix, dan resources analysis. Sedangkan analisis external yang digunakan mencakup
PESTLE analysis, Porter’s 5 forces, competitor analysis, dan consumer analysis. Hasil analisis
kondisi internal dan eksternal yang telah didapatkan kemudian dirangkum dan dirumuskan
menjadi analisis SWOT yang kemudian dibahas untuk implementasi pengembangan solusi dari
permasalahan yang ada di Braga Permai dalam analisis matriks TOWS dan akhirnya
iv
diintegrasikan ke dalam 7P’s marketing mix yang baru dan kemudian akan diimplementasikan
oleh Braga Permai.
Kesimpulan dari penelitian ini menghasilkan beberapa strategi pemasaran baru untuk Braga
Permai yang meliputi: Mengembangkan produk signature dari Braga permai, bekerja sama
dengan pemerintah sebagai sarana promosi, optimalisasi pemasaran digital & media sosial,
membuat bundling pricing dan menu paket, juga memaksimalkan fasilitas fisik di lingkungan