digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Jumlah restoran di Indonesia yang selalu meningkat setiap tahunnya bahkan pada saat terjadinya COVID-19 pandemic menjadikan tingginya kompetisi di industri makanan dan minuman saat ini. Braga Permai merupakan salah satu restoran tertua di kota Bandung yang telah berdiri sejak tahun 1918, berlokasi di jalan Braga. Restoran yang masih mempertahankan resep asli khas negeri Belanda dan suasana restoran yang sama sejak dulu menjadikannya sebagai warisan lokal Kota Bandung. Namun, banyaknya café dan resto yang lebih modern bermunculan juga kebijakan pemerintah dalam menghadapi virus Covid-19 berdampak pada penurunan penjualan di restoran Braga Permai secara signifikan sebanyak 50-80%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa keadaan bisnis Braga Permai saat ini dan mengusulkan strategi marketing yang baru untuk Braga Permai dalam menghadapi situasi setelah pandemi covid-19 agar dapat meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode survei deskriptif dengan menganalisis kondisi bisnis internal dan eksternal dari Braga Permai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara, juga survei kuesioner. Data sekunder didapatkan dari laporan institusi, internet, buku, dan jurnal. Analisis internal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis STP analysis (Segmenting, Targeting, dan Positioning), 7P’s marketing mix, dan resources analysis. Sedangkan analisis external yang digunakan mencakup PESTLE analysis, Porter’s 5 forces, competitor analysis, dan consumer analysis. Hasil analisis kondisi internal dan eksternal yang telah didapatkan kemudian dirangkum dan dirumuskan menjadi analisis SWOT yang kemudian dibahas untuk implementasi pengembangan solusi dari permasalahan yang ada di Braga Permai dalam analisis matriks TOWS dan akhirnya iv diintegrasikan ke dalam 7P’s marketing mix yang baru dan kemudian akan diimplementasikan oleh Braga Permai. Kesimpulan dari penelitian ini menghasilkan beberapa strategi pemasaran baru untuk Braga Permai yang meliputi: Mengembangkan produk signature dari Braga permai, bekerja sama dengan pemerintah sebagai sarana promosi, optimalisasi pemasaran digital & media sosial, membuat bundling pricing dan menu paket, juga memaksimalkan fasilitas fisik di lingkungan