digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Felix Paskalis
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

BAB 1 Felix Paskalis
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Felix Paskalis
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Felix Paskalis
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Felix Paskalis
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Felix Paskalis
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Felix Paskalis
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

Sistem pengukuran gaya kontak roda-rel yang menjadi alat pengujian kriteria derailment kereta masih berasal dari China. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk memulai pengembangan sistem pengukuran gaya kontak roda-rel di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang metode pengukuran gaya kontak roda-rel berdasarkan regangan pada roda. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan awal untuk merancang sistem pengukuran gaya kontak pada roda kereta. Pemodelan roda dilakukan pada perangkat lunak SolidWorks 2020 berdasarkan observasi lapangan dan dokumen standar yang ada. Model elemen hingga roda dan simulasi beban statik dilakukan melalui perangkat lunak ANSYS. Hasil simulasi digunakan untuk menentukan titik-titik pengukuran regangan pada jari-jari roda. Setelah titi-titik pengukuran ditentukan, matriks kalibrasi dibuat berdasarkan data regangan simulasi beban statik pada roda. Matriks kalibrasi kemudian diuji untuk mengetahui tingkat kesalahan perhitungannya terhadap masing-masing parameter yang akan diukur. Pada tugas sarjana ini, karakteristik regangan pada roda akibat beban statik telah dianalisis. Titik-titik pengukuran regangan yang optimal beserta konfigurasi strain gauge pada roda dan Jembatan Wheatstone telah ditentukan. Matriks kalibrasi juga telah berhasil dibuat dengan kesalahan pengukuran gaya kontak berada di bawah 1%.