COVER Lita Ayudia Fitriyani
PUBLIC Kartika 2021 TS PP LITA AYUDIA 1- CHAPTER I.pdf?
PUBLIC Kartika 2021 TS PP LITA AYUDIA 1- CHAPTER II.pdf
]
PUBLIC Kartika 2021 TS PP LITA AYUDIA 1- CHAPTER III.pdf)u
PUBLIC Kartika 2021 TS PP LITA AYUDIA 1- CHAPTER IV.pdf
]
PUBLIC Kartika 2021 TS PP LITA AYUDIA 1- CHAPTER V.pdf?
PUBLIC Kartika 2021 TS PP LITA AYUDIA 1- REFERENCE.pdf?
PUBLIC Kartika
Sekolah Bisnis memiliki peran penting dalam menghasilkan Pengusaha. Sekolah
Bisnins ini pun diharapkan dapat menghasilkan seorang pengusaha atau pemimpin
bertanggung jawab dan professional yang peduli akan etika, tanggung jawab
sosial, lingkungan, dan ekonomi dalam membuat keberlanjutan. The Principle for
Responsible Management Education (PRME) merupakan sebuah alat atau
perangkat, yang mendukung Sekolah Bisnis tersebut dalam membentuk hasilnya
menjadi professional yang bertanggung jawab. Sebagai gambaran, SBM ITB
berpartisipasi dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip PRME ke dalam
kurikulum dan kampusnya secara menyeluruh. Prinsip-prinsipnya tersebut adalah
tujuan, nilai, metode, penelitian, kemitraan, dan dialog. Namun pelaksanaanya
masih menjadi pertanyaan, karena PRME mengutip bahwa “Tidak ada sekolah
yang berhasil menerapkannya”. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini
dilakukan untuk (1) menilai The Principle for Responsible Management
Education sebagai salah satu program Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang telah
diimplementasikan di SBM ITB sejak 2014, (2) merancang dan menganalisa
pemetaan kognitif nilai prinsip dalam tingkat kurikulum dan Pemangku
Kepentingan. (3) menilai dan menganalisa pengimplementasian PRME
tersebut dalam kurikulum dengan didasari oleh penilaian para ahli.
Metode Delphi dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam
perihal pengimplementasian PRME tersebut di SBM ITB dan medapatkan
penilaian dari para ahli. Peneliti memilih 3 tipe informan untuk diwawancarai
yang terdiri dari ahli bidang Kurikulum, ahli PRME dan duta besar PRME di
SBM ITB tentang pendapat mereka atas pengimplementasian PRME. Peneliti juga
melakukan Diskusi Kelompok Terarah (DKT). Pendekatan Interdisipliner dan
Pemangku Kepentingan biasanya digunakan untuk menganilisa penelitian
tersebut. Alhasil, penelitian di masa depan disarankan untuk peningkatan
implementasi PRME di SBM ITB