2022_TS_PP_MEISYA REGINA KUSNADI _1-Abstrak (1).pdf?
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman
Industri Makanan dan Minuman menjadi industry yang terus berkembang pesat setiap tahunnya.
Jumlah restaurant setiap tahunnya bahkan semakin meningkat meskipun dalam masa pandemic
COVID-19 menjadikan persaingan di Industri minuman dan makanan terus meningkatkan.
Warung Makan Simpang Siliwangi merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner yang
berlokasi di Baleendah dan Kopo Katapang. Permasalahan yang dialami oleh Warung Makan
Simpang Siliwangi adalah perlunya meningkatkan dan memperluas pasar agar mampu bersaing
dan berkembang juga menghadapi competitor yang ada, maka dari itu Warung Makan Simpang
Siliwangi memerlukan strategi baru untuk membuka cabang yang mampu bersaing dengan
competitor lain di industry makanan dan minuman. Maka dari itu tugas akhir ini bertujuan untuk
membantu Warung Makan Simpang Siliwangi menghasilkan strategi-strategi yang dapat
digunakan untuk membuka cabang baru yang bisa bersaing unggul Bersama competitor industry
makanan dan minuman. Pada penelitian ini dilakukan analisis internal perusahaan dengan
menggunakan Segmenting, Targeting, and Positioning (STP), dan 7P’s Marketing Mix. Analisis
external menggunakan Five Force, Kompetitor analisis, dan Konsumen analisis. Setelah
melakukan kedua analisis tersebut akan dilakukan analisis SWOT dan membuat usulan strategi
Matriks TOWS yang akan menghasilkan strategi baru yang diterapkan dalam pembukaan cabang
baru. Pada penelitian ini dilakukan pengambilan data dengan melakukan penyebaran kuisoner dan
Focus Group Discussion (FGD). Hasil dari penelitian ini menggambarkan kondisi internal dan
eksternal Warung Makan Simpang Siliwangi juga strategi yang paling cocok untuk membuka
cabang baru yang kompetitif di industry makanan dan minuman.